Advertisement

Presiden Ukraina Pecat 5 Duta Besar, Ini Alasannya

Afiffah Rahmah Nurdifa
Minggu, 10 Juli 2022 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Presiden Ukraina Pecat 5 Duta Besar, Ini Alasannya Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky - Times of Israel

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Presiden Ukraina Volodymy Zelensky memecat lima duta besar untuk Jerman, India, Norwegia, Hongaria, dan Republik Ceko. Ia menyiapkan kandidat baru untuk posisi tersebut.

Dikutip dari The Guardian, Minggu (10/7/2022) Zelenky telah mengumumkan pemecatan untuk kelima diplomat tersebut sehari sebelumnya yaitu pada Sabtu 9 Juli 2022.

Advertisement

Adapun dubes yang dimaksud yaitu Dubes Ukraina untuk Jerman Andriy Melnyk, Dubes untuk India Ihor Polikha, Dubes untuk Republik Ceko Yevhen Perebiynis, Dubes untuk Norwegia Viacheslav Yatsiuk, dan Dubes untuk Honagria Liubov Nepop.

“Rotasi ini adalah bagian normal dari praktik diplomatik,” katanya dalam sebuah pernyataan, dilansir The Guardian, Minggu (10/7/2022).

Zelenky berdalih bahwa alasan pemecatan merupakan hal yang wajar. Meski masih tidak jelas apakah para diplomat tersebut akan diberi posisi baru atau tidak.

Sebagai informasi, Zelensky sebelumnya mendesak para diplomatnya untuk menggalang dukungan internasional dan bantuan militer untuk Ukraina saat pertempuran melawan Rusia berlanjut.

Namun, di sisi lain hubungannya dengan pihak Jerman tengah memanas. Dikutip dari Aljazeera, Jerman mendorong Kanada untuk mengembalikan turbin gas ke perusahaan energi Rusia Gazprom.

Ukraina mendesak Kanada untuk mempertahankan turbin tersebut pasalnya pengembalian turbin gas akan melanggar sanksi Rusia yang telah disepakati bersama negara Barat.

Turbin akan dikirim ke Jerman terlebih dahulu, yang kemudian akan mengirimkannya ke Gazprom yang dikuasai negara Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City Bakal Bergabung dengan Ratusan Orang untuk Aksi Hari Buruh

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement