Advertisement

Jokowi Akan Temui Presiden Ukraina Zelensky dan Presiden Rusia Putin dalam Situasi Tak Normal

Nindya Aldila
Rabu, 22 Juni 2022 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Akan Temui Presiden Ukraina Zelensky dan Presiden Rusia Putin dalam Situasi Tak Normal Presiden Jokowi - Antara/Hafidz Mubarak A

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia dalam kunjungan ke Kiev dan Moskow.

Rencana ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam press briefing, Rabu (22/6/2022).

Advertisement

BACA JUGA: Mahathir Mohamad Sebut Singapura dan Kepulauan Riau Milik Malaysia, Begini Pernyataannya

Kendati belum ada tanggal pasti, kunjungan Presiden Jokowi ke dua negara tersebut akan dilakukan setelah memenuhi undangan KTT G7 di Elmau, Jerman pada 26-27 Juni 2022.

"Dalam kunjungan ini, tentunya [presiden] akan melakukan pertemuan dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin," kata Retno.

Dia mengatakan kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal dan sulit.

"Sebagai Presiden G20 dan salah satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam," ujar Retno.

Kunjungan Jokowi akan menjadikannya sebagai pemimpin di Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke Rusia dan Ukraina pasca-konflik kedua negara tersebut pecah. 

Retno mengatakan pertemuan yang akan dilakukan dengan Zelensky dan Putin menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan.

Selain itu, kunjungan juga menjadi pertanda bahwa Indonesia mencoba berkontribusi untuk penanganan krisis pangan yang diakibatkan oleh perang dan dampaknya kepada negara berkembang dan negara berpenghasilan rendah.

BACA JUGA: Begini Jawaban Gibran soal Rencana Maju di Pilgub Jakarta atau Pilgub Jateng 2024

Setelah kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Presiden Jokowi akan bertolak ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab untuk menindaklanjuti kerja sama bidang ekonomi antara kedua negara.

Adapun terkait dengan G7, Indonesia merupakan salah satu tamu undangan KTT G7 selain India, Senegal, Argentina, dan Afrika selatan yang kali ini akan membahas krisis pangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

JJLS Bakal Ramai Setelah Tersambung Semua, Masyarakat Harus Siap Tangkap Peluang Usaha

Bantul
| Kamis, 22 Februari 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rayakan Imlek, Solo Safari Sambut Pengunjung dengan Beragam Acara Seru

Wisata
| Senin, 12 Februari 2024, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement