Advertisement

Jokowi Yakin Indonesia Jadi Negara Maju pada 2045

Akbar Evandio
Selasa, 21 Juni 2022 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Yakin Indonesia Jadi Negara Maju pada 2045 Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022). ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) optimistis Indonesia akan menjadi negara maju pada 100 tahun kemerdekaannya atau tahun 2045, jika memiliki konsistensi kepemimpinan.

“Hitung-hitungan kami di 2045, apabila adanya konsistensi kepemimpinan dan keberanian untuk menghentikan ekspor bahan-bahan mentah, maka inshaAllah pada 2045 Indonesia berpotensi memiliki pendapatan per kapita sebesar US$21.000—US$27.000, Benar-benar kita sudah di posisi Negara maju” katanya di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Advertisement

Kendati demikian, Kepala Negara tidak menampik bahwa ada banyak tantangan untuk mencapai tujuan tersebut sehingga diperlukan pembangunan yang masif lintas sektor untuk mengatasinya. 

“Kembali, tanpa gotong royong kita akan kesulitan menghadapi kompetisi global dan kompetisi terjadi di seluruh sektor dari hulu hingga hilir tidak hanya berkompetisi di bidang ekonomi dan bisnis, tetapi SDM, sains, dan teknologi, termasuk dalam menghadapi krisis pangan dan energi global,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Jokowi mendorong agar Indonesia terus memperkuat sikap gotong royong untuk membagun kemandirian pangan dan berdikari di urusan pangan dan ketahanan pangan.

“Setiap daerah harus memiliki keunggulan pangan sesuai dengan karakteristik tanahnya dan kondisi masyarakat serta tradisi makan warganya. Jangan dipaksa-paksa karena semua berbeda. Papua, misalnya, tanahnya cocok untuk menanam sagu, jangan dipaksa untuk makan nasi dan menanam padi. Jangan dipaksa untuk keluar dari karakternya, padahal sagu itu paling sehat karena gluten free,” ungkapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

32 Tim DIY-Jateng Bertarung di Festival Sepak Bola Anak KU-10

Jogja
| Sabtu, 25 Juni 2022, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement