Advertisement

Hari Ini PKS Bahas Koalisi dan Pilpres 2024

Edi Suwiknyo
Senin, 20 Juni 2022 - 10:57 WIB
Bhekti Suryani
Hari Ini PKS Bahas Koalisi dan Pilpres 2024 Lambang Paru Partai Keadilan Sejahtera (PKS). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Hotel Sahid, Jakarta.

Rapimnas yang akan berlangsung pada hari ini tanggal 20 hingga 21 Juni mendatang akan membicarakan arah koalisi dan penentuan calon presiden untuk Pilpres 2024.

Advertisement

Ketua DPP PKS Bidang Humas Ahmad Mabruri mengatakan PKS mulai menjajaki dengan serius beberapa mitra partai untuk membentuk koalisi guna mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"Posisi PKS harus koalisi sehingga setelah Milad 20 PKS yang lalu kita cukup intens menjalin komunikasi dengan beberapa partai. Rapimnas PKS juga akan membahas persiapan menuju ke sana," kata dia, dikutip dari laman resmi PKS, Senin (20/6/2022).

Mabruri menyebut, PKS akan menentukan kriteria calon presiden dan kriteria calon mitra koalisi. Bagi PKS, dengan kesamaan pandangan dalam menjalin koalisi akan dibangun sebuah jalinan koalisi yang jauh lebih kuat.

BACA JUGA: Partai Besutan Amien Rais Jadikan Emak-Emak sebagai Motor Pemenangan di 2024

"Bisa saja capres-cawapres yang diusung koalisi yang nanti diikuti PKS kriterianya menyesuaikan dengan visi koalisi yang terbangun. PKS masih terbuka dengan semua kemungkinan termasuk dengan semua partai politik dalam menentukan mitra koalisi," sebut Mabruri.

Dia mengatakan, Rapimnas PKS akan lebih mengerucutkan persiapan PKS dalam menjajaki koalisi Pilpres termasuk persiapan Pemilihan Anggota Legislatif 2024.

"Di PKS penentuan capres ada di Majelis Syuro sehingga untuk Rapimnas kita siapkan langkah-langkah teknis menuju ke sana termasuk persiapan koalisi. Dalam sistem demokrasi kita, capres yang akan maju tetap harus melalui partai politik sehingga PKS bersiap berkomunikasi lebih serius untuk penjajakan koalisi," ungkap Mabruri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement