Advertisement

Segini Debit Air Sungai Aare saat Anak Ridwan Kamil Terseret Arus

Setyo Aji Harjanto
Sabtu, 28 Mei 2022 - 22:07 WIB
Bhekti Suryani
Segini Debit Air Sungai Aare saat Anak Ridwan Kamil Terseret Arus Sungai Aare saat musim semi/panas dipakai warga dan wisatawan untuk berendam. - bern.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad mengungkap debit air Sungai Aare di Bern saat putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan terseret arus pada Kamis (26/5/2022).

Melalui keterangan daring, Sabtu (28/5/2022), dia menyebut rata-rata aurs Sungai Aare mencapai 180-230 meter kubik per detik. Setiap tahun, ujarnya, ada 15-20 kasus orang terseret arus saat berenang di sungai itu.

Advertisement

Menurut dia, kasus serupa cukup banyak karena Sungai Aare merupakan tempat orang berenang. Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, di sungai itu juga kerap digelar arung jeram.

BACA JUGA: Almarhum Buya Syafii Ternyata Sudah Memesan Makam Sejak Februari

"Dari mereka kami peroleh informasi kejadian serupa kira-kira terjadi 15-20 kasus setiap tahun," kata Muliaman.

Itulah sebabnya, maka banyak peringatan dan rambu-rambu di sekitar Sungai Aare. Selain itu, ada website dari pemerintah lokal terkait yang memuat informasi terkini kondisi Sungai Aare.

"Setiap saat kita juga bisa mengecek website pemerintah lokal, yang juga sering jadi acuan masyarakat, berapa suhu air hari ini, pemerintah sudah sampaikan data tersebut, termasuk data soal arus," kata Muliaman.

Seperti diketahui, Emmeril Kahn Mumtadz hilang saat berenang di Sungai Aaree. Saat peristiwa terjadi, Ridwan Kamil sedang melakukan perjalanan dinas di Inggris bersama delegasi Pemprov Jabar. Sementara istri dan kedua anaknya berada di Swiss untuk mencari sekolah jenjang S2 bagi Eril.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Nonton Yuk..Bakal Ada Gelaran Macapat Senja di Teras Malioboro

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement