Advertisement

Pemkot Magelang Bagi-bagi Uang untuk 8 Parpol, Total 568 Juta

Nina Atmasari
Sabtu, 28 Mei 2022 - 15:47 WIB
Nina Atmasari
Pemkot Magelang Bagi-bagi Uang untuk 8 Parpol, Total 568 Juta Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menyerahkan bantuan dana partai politik di Pendopo Pengabdian rumjab Wali Kota Magelang, Jumat (27/5/2022). - Istimewa/Dok Prokompim Pemkot Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menyerahkan bantuan keuangan untuk delapan partai politik (parpol) di Kota Magelang. Total dana yang dibagikan Rp568 juta.

Bantuan diserahkan langsung oleh Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, di Pendopo Pengabdian rumjab Wali Kota Magelang, Jumat (27/5/2022).

Advertisement

Kepala Badan Kesbangpol Kota Magelang Agus Satiyo Hariyadi menjelaskan bantuan keuangan yang diterima oleh masing-masing partai politik sesuai Peraturan Walikota Magelang nomor 15 tahun 2020 tentang tata cara penghitungan dan besarnya bantuan keuangan kepada partai politik di Kota Magelang periode tahun 2020-2023 berdasarkan hasil pemilu 2019.

Baca juga: DPRD Kabupaten Magelang Desak Pemkab Tangani Serius PMK pada Ternak

"Ada 8 partai yang mendapatkan bantuan keuangan ini, total besaran mencapai Rp568.199.000," kata Agus.

Adapun besaran bantuan masing-masing parpol berbeda. Untuk PDIP sebesar Rp197 juta, PKS Rp79 juta, Partai Demokrat Rp77,9 juta, PKB Rp67 juta, Golkar Rp49,6 juta, Partai Gerindra Rp42,7 juta, Partai Hanura Rp33,8 juta, dan PPP Rp20,6 juta.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengutarakan kedudukan parpol sangat penting bagi Kota Magelang, karena tanpa parpol kehidupan berdemokrasi tidak akan mungkin berjalan dengan baik.

Dokter Aziz meyakini, meski besaran bantuan tidak seberapa tapi diharapkan dapat membangun partai modern dengan pilar-pilarnya.

Baca juga: Aprilia Perpanjang Kontrak Espargaro dan Vinales sampai 2024

Advertisement

"Mudah-mudahan dengan dana yang memang sudah kita sepakati bersama, itu menjadi modal, dan mampu mendorong partai-partai yang ada di Kota Magelang," ujar Dokter Aziz.

Ia melanjutkan, sebanyak delaman partai yang berhak menerima anggaran ini diharapkan bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Parpol merupakan kepanjangan tangan rakyat dimana rakyat itu membutuhkan "nyawiji" dengan parpol, termasuk Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang.

"Saya selaku kepala daerah tidak henti-hentinya mengucapkan terima kasih atas partisipasi parpol, dan inilah bukti bahwa kita semua ini menyatu antara eksekutif dan legislatif," lanjut Dokter Aziz.

Advertisement

Kegiatan penyerahan bantuan keuangan parpol dihadiri pula Sekda Kota Magelang Joko Budiyono, Ketua DPRD Kota Budi Prayitno, Ketua KPU Basmar Perianto Amron, para ketua dan bendahara parpol penerima bantuan keuangan, dan segenap tamu undangan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Aksi Generasi Muda dalam Macapat Senja di Malioboro

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement