Advertisement

Rusia Ancam Angkat Kaki dari WHO dan WTO

Anshary Madya Sukma
Kamis, 19 Mei 2022 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
Rusia Ancam Angkat Kaki dari WHO dan WTO Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin di Moskow. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Rusia dilaporkan akan keluar dari organisasi dunia, yaitu World Health Organization (WHO) dan World Trade Organization (WTO) pada Selasa (17/5/2022).

Dilansir Euroweeklynews pada Kamis (19/5/2022), alasan Rusia ingin keluar lantaran kedua organisasi tersebut sudah tidak bermanfaat dan malah merugikan negara tersebut secara langsung. Alhasil, Rusia memberikan proposal tentang penarikannya dari WTO dan WHO.

Wakil Ketua Duma Rusia Pyotr Tolstoy mengatakan semua proposal akan dianalisis bersama dengan Dewan Federasi.
Menurutnya, perlu untuk meninjau kembali perjanjian-perjanjian yang merugikan bagi negara.

Rusia telah menarik diri dari Dewan Eropa dan sekarang urutan berikutnya Rusia akan menarik diri dari WTO dan WHO, karena telah mengabaikan semua kewajiban mereka terhadap negara kita,” ujarnya dikutip dari Euroweeklynews pada Kamis (19/5/2022).

Seperti diketahui, negara-negara Barat mulai memberlakukan sanksi tegas kepada Rusia sebagai tanggapan atas operasi militer Rusia di Ukraina, yang diumumkan oleh Vladimir Putin pada 24 Februari 2022.

BACA JUGA: Ditanya Apakah Akan Nyalon di Pilwalkot Jogja? Begini Jawaban Heroe Poerwadi

Pihak berwenang Rusia yakin bahwa sanksi itu menghancurkan sistem aturan WTO terhadap Rusia. Dikabarkan, sekitar 14 anggota organisasi telah melucuti Rusia karena perbedaan perlakuan yang diberikan kepada negara lain.

Pada 21 Maret 2022, rancangan undang-undang tentang penarikan Rusia dari WTO sudah diajukan ke Duma Negara. Lalu, Ukraina juga memulai diskusi tentang penutupan kantor WHO di Moskow dan Pada 10 Mei, Komite Eropa WHO mengadopsi resolusi yang mengusulkan untuk menutup kantor organisasi di Moskow.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ditangkap Polda DIY, Anggota DPRD Bantul Berinisial ESJ Kini Mendekam di Tahanan

Sleman
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement