Advertisement

Hadiri Pawai Waisak, Ganjar Pranowo: Saya Lihat Kebahagiaan Masyarakat & Umat Buddha

Arief Junianto
Selasa, 17 Mei 2022 - 00:27 WIB
Arief Junianto
Hadiri Pawai Waisak, Ganjar Pranowo: Saya Lihat Kebahagiaan Masyarakat & Umat Buddha Ganjar Pranowo (tengah). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG--Ribuan orang memenuhi jalanan sepanjang Candi Mendut hingga Candi Borobudur di Magelang, Senin (16/5/2022). Dengan antuisias, mereka menantikan iring-iringan parade Waisak dalam rangkaian peringatan hari raya Waisak 2566 BE.

Sebanyak 1200 peserta meramaikan Parade Waisak kali ini. Iring-iringan drumben, pasukan bendera, mobil hias hingga pasukan festival lainnya membuat suasana semakin meriah.

Advertisement

Suasana semakin meriah saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo muncul di lokasi itu. Masyarakat baik yang ikut pawai maupun nonton di pinggir jalan langsung berhamburan mendekati Ganjar. "Pak Ganjar, selamat datang pak. Terimakasih sudah hadir di acara kami. Pak minta foto dulu pak," kata para peserta pawai, dikutip dari rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin.

BACA JUGA: 14 Orang Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Bus di Mojokerto, Ini Identitas Mereka

Selain itu, ada juga emak-emak yang ada di pinggir jalan sampai penjual cideramata khas Borobudur yang tak kalah antusias. Mereka berdesakan untuk salaman atau meminta swafoto.

Ganjar yang tiba di lokasi sekitar pukul 06.45 WIB itu sempat berkeliling menyapa para peserta parade. Dia juga mengobrol dengan para pengurus Walubi serta para Bhiksu.

Rombongan Parade Waisak bergerak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur setelah dilepas secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Ketua Walubi, Murdaya Widyawimarta Poo.

Ganjar mengikuti prosesi jalan sebentar, kemudian melanjutkan kegiatannya gowes pagi di kawasan Borobudur. "Setidaknya setelah dua tahun pandemi, sekarang masyarakat Budha sudah bisa merayakan Waisak dengan meriah. Ya meskipun saat ini pesertanya masih dibatasi ya, tapi sudah ada 1.200-an tadi yang ikut. Saya melihat kegembiraan umat Budha dan masyarakat pagi ini," katanya.

BACA JUGA: Koalisi Golkar, PAN dan PPP Tinggal Tentukan Capres dan Cawapres

Kegembiraan itu lanjut Ganjar karena sudah lama masyarakat menantikan adanya kegiatan semacam ini. Setelah pandemi berangsur membaik, ia harap kegiatan festival semacam ini bisa terus dikembangkan lebih meriah.

"Tentu saja masyarakat menyambut bahagia, karena kita semua rindu pada perayaan besar semacam ini. Ya mudah-mudahan semua lancar, karena perayaan Waisak ini kan prosesinya panjang sampai puncaknya nanti malam," ucapnya.

Secara pribadi dan mewakili masyarakat Jawa Tengah, Ganjar mengucapkan selamat hari raya Waisak untuk umat yang merayakan. "Saya doakan semoga semua berbahagia," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement