Advertisement

Meski Rumah Berlantai Tanah, Yusuf Mansur Mengaku Sudah Punya Mobil Alphard dan 2 Kampus  

Newswire
Minggu, 17 April 2022 - 12:57 WIB
Bhekti Suryani
Meski Rumah Berlantai Tanah, Yusuf Mansur Mengaku Sudah Punya Mobil Alphard dan 2 Kampus    Yusuf Mansur. - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA —  Ustaz Yusuf Mansur  akhirnya mengklarifikasi omongannya yang disebut sejumlah orang berbohong. Antara lain klaimnya sudah memiliki mobil mewah, namun di sisi lain dia menyatakan pada tahun yang sama masih hidup di rumah berlantai tanah.

Menurut Yusuf Mansur, meskipun rumahnya masih berlantai tanah di awal tahun 2000-an, dirinya sudah memiliki dua kampus dan mobil mewah.

“Saya dah bikin tuh perguruan tinggi, dua biji sampai dengan tahun 2003, padahal rumah saya lantainya masih tanah. Masih miskin. Miskin kok punya mobil? Ya itulah, aneh juga itu buat sedekah-sedekah gitu,” ujar Yusuf Mansur dalam video klarifikasi yang diunggahnya di kanal Youtube Yusufmansurnew dan dikutip Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, Sabtu (17/4/2022).

Klarifikasi itu dibuat Yusuf Mansur untuk menjawab tudingan dirinya berbohong terkait pernyataan mempunyai beberapa mobil Alphard kendati lantai rumahnya masih tanah pada tahun 2005.

Tudingan berbohong itu disampaikan banyak kalangan, baik dari warganet maupun sejumlah tokoh di antaranya Ustaz Tabrani Sabirin dan pengusaha nasional Puspo Wardoyo.

Tudingan itu dikarenakan terdapat beberapa jejak digital pernyataan Yusuf Mansur yang berbeda-beda tentang kondisi ekonominya pada tahun 2005. Pernyataan itu tersebar luas di sejumlah media sosial, termasuk di Youtube.

Meskipun kondisi rumahnya masih berlantai tanah, Yusuf Mansur mengaku saat itu sudah menyedekahkan mobil. Ia tidak menjelaskan kepada siapa mobil-mobil tersebut ia sedekahkan. “Pokoknye sedekah aje,” lanjutnya.

Advertisement

BACA JUGA: Kapal Tanker Minyak Meledak di Hong Kong, 5 ABK WNI Terluka dan 1 Tewas

Yusuf Mansur lantas menceritakan berbagai pendapatan besar yang ia dapatkan saat namanya mulai dikenal sebagai dai kondang. Yusuf Mansur mengaku pada tahun 2005 dirinya sudah menjadi bintang sinetron sekaligus sebagai penulis skenario.

Nama sinetronnya Tukang Bubur Naik Haji. Dan seluruh bayaran itu, ujar dia, disedekahkan. “Lalu tahun 2006 saya didaulat menjadi bintang iklan Bank Muamalat dengan honor Rp2 miliar. Tanpa pernah sekalipun dipakai atau difoto,” tambahnya.

Pada tahun 2007, nilai kontraknya di televisi kian besar.  Ia mencontohkan pada tahun itu dirinya menekan kontrak Rp9 miliar untuk sejumlah termin di stasiun televisi milik konglomerat Chairul Tandjung.

“Bisa ditanya ke beliau, beliau masih hidup. Dan pembayaran Rp1,8 miliar yang pertama jadi gedung Al Ikhlas Daarul Quran, semua izin Allah bareng donatur-donatur lainnya,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Pelita Lima Pilar, Ustaz Tabrani Syabirin menilai 80 % genetik di diri Yusuf Mansur adalah kebiasaan berbohong.

“Ada faktor genetik. Dalam diri Yusuf Mansur itu ada 80 %-nya gen berbohong. Jadi 20 tahun kiprah Yusuf Mansur berdakwah, sekitar 80 %-nya itu kebohongan dan terkuak sekarang,” ujar Tabrani dalam salah satu videonya di kanal Youtube Rumongso Channel, Jumat (15/4/2022).

Yayasan Pelita Lima Pilar bergerak mengadvokasi para korban ketidakadilan. Salah satu yang diadvokasi adalah mereka yang mengaku menjadi korban dalam sejumlah investasi milik Ustaz Yusuf Mansur.

Terkait tudingan Yusuf Mansur berbohong, Tabrani mempersilakan kepada masyarakat untuk mencermati jejak digital yang banyak ditemukan di internet, terkait dengan sepak terjang Yusuf Mansur.

Tabrani mencontohkan, ada salah satu pernyataan Yusuf Mansur di kanal Youtube Daqu Channel bahwa dirinya tahun 2005 sudah punya beberapa mobil Alphard yang tergolong mobil mewah. Namun dalam pernyataan di kanal Youtube  TVOneNews, Yusuf Mansur mengaku hingga tahun 2005 rumahnya masih berlantai tanah.

Lalu, ujar dia, ada rekaman pernyataan istri Yusuf Mansur yakni Siti Maimunah yang menyebut tahun 2005 suaminya masih dikejar-kejar utang. Rekaman tersebut ditemukan dalam video yang diunggah kanal Youtube Daqu Channel.

“Bayangkan saja, tahunnya sama 2005 tapi keadaannya berbeda-beda. Dan itu ada rekamannya, jadi jejak digital tidak bisa bohong. Lalu mana yang benar, tahun 2005 itu rumahnya masih berlantai tanah atau sudah punya beberapa mobil Alphard? Kalau punya mobil Alphard masak lantai rumahnya masih tanah? Di mana logikanya?” ujar salah satu pengurus di PP Muhammadiyah ini.

Menurut dosen di UIN Jakarta ini, orang yang punya bakat bohong akan terus berbohong untuk menutupi setiap kebohongannya sampai dia tidak sadar bahwa apa yang dilakukannya merupakan kebohongan.

“Dia akan terus berbohong untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Dan begitu seterusnya sampai-sampai dia tidak sadar bahwa apa yang dikatakannya itu merupakan sebuah kebohongannya, saking biasanya berbohong. Mari kita cermati bersama,” ujarnya.

Artikel ini telah terbit di Solopos.com "Yusuf Mansur: Walau Rumah Berlantai Tanah, Saya Dah Punya 2 Kampus" selengkapnya di sini: https://www.solopos.com/yusuf-mansur-walau-rumah-berlantai-tanah-saya-dah-punya-2-kampus-1297708?utm_source=terkini_desktop.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penurunan Angka Pengangguran di Gunungkidul 2023 Tak Capai Target

Gunungkidul
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement