Advertisement

Kabupaten Magelang Terapkan PPKM Level 3, Wisata di Borobudur Kena Dampak

Nina Atmasari
Selasa, 15 Februari 2022 - 18:17 WIB
Nina Atmasari
Kabupaten Magelang Terapkan PPKM Level 3, Wisata di Borobudur Kena Dampak Wisatawan mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/1/2022). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Kabupaten Magelang, Jawa Tengah masuk menjadi wilayah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 mulai hari ini, Selasa (15/2/2022).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menjelaskan berdasar Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 10 Tahun 2022 pertanggal 15-21 Februari 2022 Kabupaten Magelang telah masuk pada PPKM Level 3.

"Kami akan menyusun Instruksi Bupati untuk menindaklanjuti Inmendagri ini sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan di masyarakat maupun di lingkungan Kabupaten Magelang," jelas Nanda, di ruang kerjanya, Selasa (15/2/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Baca juga: Pesta Malam Valentine di Sebuah Kafe di Banguntapan Dibubarkan Aparat

Ia menegaskan di masa PPKM Level 3 ini, aktivitas masyarakat bisa tetap dilakukan, namun dengan pembatasan. Sesuai Inmendagri, pembatasan di antaranya makan di tempat untuk di restoran maksimal 60 menit. Kegiatan ibadah dan acara keagamaan dibolehkan dengan peserta 50% dari kapasitas dan harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

Fasilitas wwisata boleh dibuka dengan pembatasan 50% dari kapasitas. Adapun kegiatan pernikahan dibatasi 25% dari kapasitas dan tidak boleh menyelenggarakan makan di tempat.

Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang sudah mulai dilakukan di sejumlah sekolah, katanya, akan dievaluasi lagi. Apalagi, beberapa waktu terakhir ada guru dan siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19. Apabila ada sekolah yang guru atau siswanya terkonfirmasi, maka akan diminta menghentikan kegiatan PTM, dilanjutkan dengan pembelajaran secara online atau daring sambil kawasan sekolah didesinfeksi.

Baca juga: Pemulihan Sektor Pariwisata Butuh Dukungan Digitalisasi

Ia juga mengatakan bahwa, varian baru Omicron sudah ditemukan di wilayah Kabupaten Magelang. “Dari beberapa laporan, kasus terkonfirmasi banyak didominasi oleh pelaku perjalanan dari luar kota. Namu, saat ini penyebarannya sudah merambah sampai klaster keluarga,” katanya. 

Advertisement

Lebih lanjut, untuk menekan angka penyebaran Covid-19 sesuai arahan Presiden salah satunya adalah dengan penggunaan masker secara disiplin, termasuk juga dengan menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan.

Ketua Desa Wisata Borobudur, Nanang S. Prakoso mengatakan adanya pengumuman PPKM Level 3 ini membuat banyak pesanan wisata ditunda. “Ada pesanan 20 VW Trip untuk akhir pekan ini, tadi dibatalkan, ditunda untuk waktu yang belum ditentukan, bilangnya Maret tapi belum tahu tanggal berapa,” katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Kenalkan Potensi Wisata Sleman Barat, Tour de Merapi 2022 Kembali Digelar

Sleman
| Kamis, 06 Oktober 2022, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement