Advertisement

Tips untuk Calon Mahasiswa yang Ragu dengan 2 Pilihan Prodi: Pilih Satu Saja

Nina Atmasari
Sabtu, 12 Februari 2022 - 05:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips untuk Calon Mahasiswa yang Ragu dengan 2 Pilihan Prodi: Pilih Satu Saja Kegiatan Sosialisasi SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Seleksi Mandiri Universitas Tidar Tahun 2022, digelar offline dan online, Kamis (10/2/2022). - Ist/Dok Untidar

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan berlangsung tiga hari lagi. Sekretaris Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Bekti Cahyo Hidayanto, mengingatkan pentingnya pendampingan Guru Bimbingan Konseling (BK) dalam pemilihan prodi pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN).

“Pendaftaran SNMPTN Tahun 2022 akan dibuka 4 hari lagi pada 14 Februari 2022. Jika siswa ragu atau tidak mantap dengan dua pilihan prodi silahkan isi satu prodi saja,” kata Bekti pada acara Sosialisasi SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Seleksi Mandiri Universitas Tidar Tahun 2022, Kamis (10/2/2022).

Pemilihan prodi penting karena jika nantinya siswa diterima di pilihan kedua dan dia tidak melakukan registrasi maka akan berdampak pada SMA/SMK/MA asalnya.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Siswa yang diterima SNMPTN dan tidak melakukan registrasi maka sekolah asalnya akan di ‘black list’ oleh perguruan tinggi bersangkutan. Siswa tersebut juga tidak bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini dan 2 tahun berikutnya,” tambahnya.

Selain pemilihan prodi, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh sekolah sebagai syarat SNMPTN juga perlu diperhatikan. “Kami mohon agar tahun depan sekolah bisa memanfaatkan waktu pengisian PDSS SNMPTN sebaik-baiknya. Kami lihat di minggu-minggu awal belum banyak yang mengisi PDSS SNMPTN. Baru di 3 hari terakhir semua berebut mengisi sehingga mengakibatkan adanya gangguan sistem,” katanya.

Ia mengimbau agar Guru BK memiliki integritas yang tinggi dan siswa yang eligible betul-betul yang memenuhi syarat dan ‘bukan permainan’. Perguruan Tinggi membutuhkan siswa yang natural, yang cocok dengan pilihan prodinya, sehingga bisa selesai tepat waktu dan saat lulus terjun ke masyarakat bisa memberikan banyak kontribusi bagi bangsa dan negara.

Lebih lanjut Ia menjelaskan kuota mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN hanya 20%. Ada yang lebih dari 20% akan tetapi rata-rata di luar Jawa.
“20% itu masih termasuk di dalamnya siswa yang telah ditentukan dalam Undang-undang, yaitu siswa dari daerah 3 T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). Kenapa lewat SNMPTN, ya karena kalau harus bersaing di UTBK SBMPTN sulit untuk lolos. Selain itu Kuota SNMPTN juga mengakomodir siswa dari keluarga pra sejahtera,” tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Noor Farid, M.Si menyebutkan kegiatan ini diikuti sedikitnya 127 guru BK se-Karesidenan Kedu, baik secara virtual maupun hadir langsung.

LTMPT adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terbaik dan terdepan di Indonesia, dan berkomitmen melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel. Dr. Farid berharap para Guru BK selalu mengakses seluruh informasi resmi dari LTMPT.

Advertisement

Daya tampung UNTIDAR tahun 2022 adalah sebanyak 3275 mahasiswa. Adapun jalur masuk UNTIDAR melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri UNTIDAR meliputi Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP) dan Seleksi Mandiri Ujian Tulis (SMUT). *

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Hari Ini, Bayar Tiket Bisa Pakai GoPay

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement