Advertisement

Versi Mahfud MD: Wadas Tenang Tak Ada Kekerasan

Jaffry Prabu Prakoso
Rabu, 09 Februari 2022 - 18:47 WIB
Bhekti Suryani
Versi Mahfud MD: Wadas Tenang Tak Ada Kekerasan Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md mengatakan bahwa langsung mengadakan rapat internal lintas instansi setelah ramai pemberitaan tentang Desa Wadas, Jawa Tengah.

Dia tegaskan daerah tersebut dalam keadaan tenang dan damai. “Terutama sekarang ini. Yang tidak percaya boleh ke sana. Siapa saja. Terbuka tempat itu,” katanya pada konferensi pers virtual, Rabu (9/2/2022).

Oleh karena itu, Mahfud menjelaskan bahwa semua informasi yang digambarkan di pemberitaan, khususnya di media sosial terkait kondisi Wadas yang mencekam adalah tidak benar.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Konflik Tambang Wadas Pecah! Ini Kaitan Bendungan Bener dengan Jogja

Situasi dan kondisi saat ini di Wadas normal juga kondusif. Mahfud mengakui ada warga yang sempat diamankan di Mapolres Purworejo. Akan tetapi mereka sudah dipulangkan.

“Sehingga saat ini semuanya sudah kembali ke rumah masing-masing dan sama sekali tidak ada korban atau penistaan atau penyiksaan,” jelasnya.

Baru-baru ini, video konflik antara aparat gabungan TNI dan Polisi dengan warga Desa Wadas, Kecamatan, Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Selasa 8 Februari 2022 viral di media sosial. Konflik dilatarbelakangi proyek pemerintah.

Para warga yang menolak khawatir penambangan galian di desanya akan merusak sumber mata air dan sawah. Sebagian besar mata pencarian mereka adalah petani.

Ketika tempat itu ditambang, berarti menghilangkan penghidupan Wadas yang berada di kawasan perbukitan Manoreh tersebut.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

ORI Sebut Keuntungan Seragam Sekolah Capai Rp10 Miliar, Disdikpora DIY: Terlalu Bombastis

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement