Advertisement

Beasiswa Pemerintah Australia Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Lukman Nur Hakim
Jum'at, 04 Februari 2022 - 10:07 WIB
Budi Cahyana
Beasiswa Pemerintah Australia Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya Beasiswa Australia Awards Scholarsips - australiaawardsindonesia.org

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTABeasiswa pemerintah Australia atau Australia Awards Scholarships (AAS) dibuka mulai 1 Februari 2022 – 29 April 2022.

Beasiswa Australia Awards merupakan beasiswa internasional bergengsi yang menyediakan pendidikan kelas dunia bagi para pemimpin baru di Australia.

Untuk tahun ini, Australia Awards memprioritaskan mahasiswa dari Indoneisa yang ingin mengambil dan melanjutkan gelar Master (S2) atau Doktoral (S3) yang mendukung bidang prioritas Rencana Tanggap Pembangunan Covid-19, seperti keamanan kesehatan, stabilitas, dan pemulihan ekonomi.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dilansir dari dfat.gov.au pada Kamis (03/2/22) ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar dapat mendaftar pada Australia Awards Scholarships 2022 ini.

Syarat Australia Awards Scholarships 2022

• Merupakan warga negara Indonesia dan bertempat tinggal serta melamar beasiswa dari Indonesia.

• Tidak menikah atau bertunangan dengan orang berwarga negara Australia pada saat seleksi beasiswa berlangsung.

• Memenuhi persyaratan Pemerintah Australia untuk masuknya siswa internasional ke Australia (kesehatan, karakter, dll).

• Tidak sedang mengajukan visa untuk tinggal di Australia.

• Tidak mendaftar Australia Award jangka panjang.

Advertisement

• Telah memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan oleh Indonesia atau pemerintah Indonesia.

• Tidak sedang atau menjadi personel militer yang sedang bertugas.

• Dapat memenuhi semua persyaratan Departemen Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan untuk visa pelajar DFAT.

Advertisement

• Dapat memenuhi persyaratan penerimaan universitas Australia di mana Beasiswa akan diambil.

Persyaratan Khusus Australia Awards Scholarships 2022

• Memiliki Grade Point Average (IPK) minimal 2,9 dari Sarjana jika melamar Magister atau dari Magister jika melamar Doktor.

• Untuk pelamar dari GFA dan kandidat luar biasa lainnya (akan ditentukan oleh DFAT berdasarkan kasus per kasus, termasuk penyandang disabilitas), memiliki IPK sama dengan atau lebih tinggi dari 2,75.

• Untuk pelamar Master, memiliki kemahiran bahasa Inggris minimal 5,5 di IELTS (atau 525 di TOEFL berbasis kertas atau 69 di TOEFL berbasis internet atau 46 di Pearson PTE).

Advertisement

• Untuk pelamar dari GFA dan kandidat luar biasa lainnya (akan ditentukan oleh DFAT berdasarkan kasus per kasus, termasuk penyandang disabilitas) memiliki IELTS 5.0 (atau 500 dalam TOEFL berbasis kertas atau 59 dalam TOEFL berbasis internet atau 38 dalam Pearson PTE).

• Untuk pelamar PhD, memiliki kemahiran bahasa Inggris minimal 6,0 di IELTS (atau 550 di TOEFL berbasis kertas atau 79 di TOEFL berbasis internet atau 54 di Pearson PTE).

• Hasil IELTS atau TOEFL atau PTE harus terkini (hasil tes yang diperoleh dari 29 April 2020 hingga 29 April 2022 akan dianggap terkini). Selain dari hasil asli, sertifikat predksi TOEFL atau yang lainnya tidak diterima.

Advertisement

• Memberikan rincian kontak pusat tes untuk verifikasi hasil tes TOEFL.

• Sudah memegang gelar sarjana, jika melamar Magister.

• Sudah memiliki gelar Magister, jika melamar Doktor. Sertifikat spesialisasi/profesional tidak dianggap sebagai gelar Master.

• Menjawab semua pertanyaan yang relevan pada formulir aplikasi.

Advertisement

• Bersedia dan bersedia mengikuti pelatihan penuh waktu (Senin - Jumat dari jam 8 pagi hingga 4 sore) Bahasa Inggris untuk Keperluan Akademik (EAP) di Indonesia sebelum belajar di Australia, jika ditawarkan beasiswa.

Catatan lainnya

Jika melamar gelar Doktor, pelamar akan dibatasi untuk staf universitas, lembaga pendidikan tinggi, lembaga penelitian, pembuat kebijakan utama dan kandidat yang ditargetkan di lembaga lain yang terkait dengan kegiatan DFAT.

Selain itu, sangat diharapkan bagi pelamar Doktor untuk memiliki surat dukungan dari universitas Australia untuk bidang studi yang mereka usulkan.

Setelah tau alur persyaratan dari Beasiswa Australia Award ini, ada 2 cara untuk mendaftar bagi Anda yang tertarik dengan program ini.

Advertisement

Cara Daftar Australia Awards Scholarships 2022

1. Melamar secara online

Buka Sistem Informasi Beasiswa Australia Online (https://oasis.dfat.gov.au/). Ketika Anda mendaftar secara online, Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan untuk menetapkan kelayakan Anda. Anda kemudian akan diberikan nomor pendaftaran, nama pengguna, dan kata sandi yang unik.

Anda tidak perlu segera mengirimkan aplikasi Anda. Anda dapat menyiapkan draf formulir aplikasi dan memperbaruinya, serta dokumentasi pendukung Anda, hingga tanggal penutupan yang ditentukan seperti pada profil negara peserta yang relevan.

Setelah dikirimkan, aplikasi Anda tidak dapat diubah. Kami sangat menyarankan pelamar yang mendaftar secara online untuk melakukannya dengan baik sebelum tanggal penutupan. OASIS mengalami penggunaan puncak pada hari-hari menjelang tanggal penutupan dan pelamar mungkin mengalami penundaan.

2. Melamar melalui surat

Jika Anda tidak dapat mengirimkan aplikasi Anda secara online, Anda dapat melamar melalui surat. Silakan periksa profil negara peserta Anda untuk rincian kontak untuk mendapatkan formulir aplikasi hardcopy dan template lain seperti laporan wasit (jika berlaku).

Formulir aplikasi hard copy yang telah diisi dan dokumentasi pendukung harus diserahkan pada tenggat waktu yang ditentukan oleh negara Anda.

Berikut panduan untuk melihat lebih dalam dari Australia Award Scholarship atau Beasiswa Australia Awards https://www.dfat.gov.au/sites/default/files/oasis-applicant-user-guide.pdf

Selamat mencoba!

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ditinggal Beli Makanan, Motor di Dapur Digondol Maling

Kulonprogo
| Kamis, 29 September 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement