Advertisement

100 Calon Taruna Poltekim Kemenkumham Positif Covid-19

Aprianus Doni Tolok
Rabu, 02 Februari 2022 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
100 Calon Taruna Poltekim Kemenkumham Positif Covid-19 Gedung Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM (BPSDM Kumham) menyebut 100 calon taruna Politeknik Ilmu Keimigrasian (Poltekim) yang tengah menjalani kegiatan pembekalan prabasis positif Covid-19.

Pelaksanaaan pembekalan Prabasis kepada seluruh Catar di lingkungan BPSDM Kumham dilaksanakan sebelum mengikuti pendidikan di Sekolah Pendidikan Kepolisian (SPN) Lido.

"Pada tanggal 2 Februari 2022 Taruna Poltekim dikriim ke SPN Lido guna mengikuti masa basis, berdasarkan hasil swab yang dilakukan oleh Tenaga Kesehatan dari pihak SPN didapatkan hasil sebanyak 100 taruna positif," tulis BPSDM Kumham dalam keterangan resmi, Rabu (2/2/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menindaklanjuti hal tersebut, BPSDM telah melakukan sejumlah langkah salah satunya mengarahkan calon Taruna yang terkonfirmasi positif untuk melakukan isolasi mandiri terpusat di Asrama AL 4, sedangkan bagi Catar yang tidak terkonfirmasi, dilaksanakan karantina terbatas di asrama masing-masing.

"Seluruh Catar yang terkonfirmasi positif di tempatkan di gedung asrama Tangerang, dan yang tidak terkonfirmasi ataupun sedang proses penyembuhan di tempatkan di Cinere," ujarnya.

Adapun, BPSDM Kumham mulai menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah pada tahun 2022 atau sesuai dengan amanat Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri.

Oleh karenanya, pada 19 Januari 2022 telah dilaksanakan penerimaan catar dari Sekretariat Jenderal ke BPSDM Hukum dan HAM sebanyak 641 oramg, dengan penerapan protokol kesehatan ketat yaitu wajib memakai masker, menjaga jarak, dan tidak bersentuhan.

Para Catar tersebut wajib membawa surat hasil tes PCR negatif H-2 dimana kemudian dilanjutkan mengikuti tes swab antigen di BPSDM Hukum dan HAM.

Lebih lanjut, dalam layanan pembekalan, pihak BPSDM memastikan telah melaksanakan pencegahan dan penanganan Covid-19 diantaranya penerapan protokol kesehatan; melakukan disinfektan ke seluruh lingkungan di BPSDM; dan bekerja sama dengan Puskemas Cinere dalam layanan kesehatan Catar.

Selain itu, BPSDM Hukum dan HAM juga telah menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Pengayoman dalam layanan kesehatan Catar dan merekruit tenaga medis dari luar, baik Dokter maupun perawat yang telah berpengalaman menangani pasien Covid-19 di Wisma Atlet, Jakarta.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Didorong Menggali Potensi Diri untuk Bangun Personal Branding, Beda dengan Pencitraan

Sleman
| Rabu, 28 September 2022, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement