Advertisement

Gejala covid-19 Omicron Mirip dengan Flu Biasa? Begini Cara Membedakannya!

Alifian Asmaaysi
Rabu, 02 Februari 2022 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Gejala covid-19 Omicron Mirip dengan Flu Biasa? Begini Cara Membedakannya! Ilustrasi demam - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia terus melonjak. Anda perlu waspada karena orang yang terinfeksi varian Omicron memiliki gejala persis seperti flu biasa, yaitu batuk dan demam.

Varian Omicron sendiri merupakan versi mutan dari strain asli virus Corona yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada November 2019.

Advertisement

Sebuah studi aplikasi yang berbasis di Inggris baru-baru ini mengungkapkan bahwa varian Omicron menyebabkan gejala seperti pilek ringan, yang membuatnya sulit untuk dideteksi, terutama di musim dingin.

Para peneliti Inggris mengatakan gejala Omicron lebih mirip flu biasa dibandingkan varian sebelumnya. Gejala Omicron juga serupa, baik untuk orang yang sudah atau belum divaksinasi. Hidung meler, sakit kepala, kelelahan, sakit tenggorokan merupakan empat gejala Omicron yang cukup umum. 

Sementara itu, tubuh menggigil dan demam, kehilangan penciuman dan pengecapan atau anosmia gejala yang kadang muncul dari varian mutan. Meski gejala flu biasa dan Covid-19 serupa, namun kondisi kesehatan keduanya tidak sama. Pasalnya, penyakit flu dan Covid-19 disebabkan oleh virus yang berbeda. 

BACA JUGA: Barang Mewah Sejumlah Merk Ini Disebut akan Lebih Mahal di 2022

Seperti diketahui, flu biasa disebabkan oleh rhinovirus. Adapun, Covid-19 disebabkan oleh SARS-CoV-2, virus Corona yang pertama kali muncul pada akhir 2019.

Meski varian Omicron menimbulkan gejala layaknya flu ringan, namun hal ini tidak boleh dianggap enteng. Virus Corona menyebabkan infeksi yang jauh lebih parah yang mempengaruhi beberapa organ pada satu waktu. 

Kecerobohan atau keterlambatan dalam perawatan bahkan bisa berakibat fatal. Jadi, tetap kenakan masker Anda setiap saat, melakukan vaksinasi booster, dan ikuti semua protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ganjar Tidak Mendapat Undangan Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih 2024 Hari Ini

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement