Intip Isi Garasi Anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Punya 5 Mobil dan 3 Motor

Motor Honda CB 125 Cafe Racer milik Gibran Rakabuming, putra sulung Presiden Joko Widodo, yang dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo, Jakarta. - Antara
12 Januari 2022 18:47 WIB Muhammad Khadafi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Anak Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka belakangan menjadi sorotan. Dia dan adiknya Kaesang Pangarep dilaporkan ke KPK terkait dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) serta praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Ubedilah, yang melaporkan, menyebut dugaan TPPU itu bermula pada 2015 saat PT SM yang menjadi tersangka pembakaran hutan dan sudah dituntut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan senilai Rp7,9 triliun. 

Diduga hal itu terjadi karena pada Februari 2019 anak presiden membuat perusahaan gabungan dengan anak petinggi perusahaan PT SM. Menurutnya, patut diduga ada praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) terkait dengan adanya suntikan dana penyertaan modal dari perusahaan ventura. Penyebabnya, PT SM disebut mendapat kucuran dana sekitar Rp99,3 miliar dalam waktu yang singkat.

Adapun berdasarkan laporan kekayaan yang dilaporkan pada 2 September 2020, Gibran Rakabuming Raka  memiliki kekayaan senilai Rp21,15 miliar. Meski tercatat memiliki 5 mobil dan 3 motor, nilai kendaraan bermotor yang dimiliki Gibran tidak sampai 5 persen dari total kekayaannya. 

Mobil termewah yang dimiliki Gibran adalah Mitsubishi Pajero Sport tahun 2016 dengan nilai Rp350 juta. Mobil ini merupakan SUV ladder frame yang merupakan pesaing utama Toyota Fortuner di Indonesia. 

Mobil yang memiliki ground clearance tinggi ini merupakan satu SUV medium paling laris di Indonesia. Generasi pertama mobil ini muncul pada 1990-an dengan nama global Challenger. 

Setelah pamornya meredup di Tanah Air, generasi kedua Pajero kembali mencuri perhatian pada 2009. Setelah itu pangsa pasar mobil ini kembali naik hingga akhirnya bergantian dengna Toyota Fortuner menjadi penguasa segmen SUV medium di Indonesia.

Sementara itu, empat mobil Gibran Rakabuming Raka lainnya memiliki nilai kurang dari Rp100 juta. Dia memiliki Daihatsu Gran Max 2015 dan Toyota Avanza 2012 yang tercatat seharga Rp60 juta. Kemudian juga ada Isuzu Panther 2012 seharga Rp70 juta dan Toyota Avanza 2016 dengan harga Rp90 juta. 

BACA JUGA: Jogja-Solo 20 Menit Via Tol, Pengamat: 36 Lampu Lalu Lintas Bikin Lama Perjalanan

Dalam laporan kekayaan Gibran, ada tiga motor yang tercatat atas namanya. Pertama adalah Honda Scoopy tahun 2015 seharga Rp7 juta. 

Gibran bisa dibilang adalah penyuka motor klasik. Hal ini terlihat dari pilihan kedua motornya yang lain, yaitu Royal Enfield dan Honda CB-125. Sebagaimana diketahui Royal Enfield adalah motor yang masih mempertahankan desain orisinil hingga saat ini.

Sementara itu Honda CB-125 adalah motor sport dari tahun 1974. Motor ini sempat menjadi populer beberapa waktu lalu karena digunakan oleh film Dilan  1990. 

Di tangan Gibran CB-125 ini diketahui telah dimodifikasi menjadi cafe racer. Motor ini telah diubah jauh dari identitas aslinya. Akan tetapi inspirasi modifikasinya tetap lawas, yakni motor balap para biker Inggris era 60-70an.

Sumber : JIBI/Bisnis.com