Survei Indikator: Elektabilitas AHY Masuk 4 Besar

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti - Antara/Muhammad Adimaja
09 Januari 2022 22:27 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto masih menjadi calon presiden (capres) 2024 dengan elektabilitas tertinggi saat ini. Sementara dua nama lain yang menyusul Prabovo adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam survei yang diselenggarakan pada 3-11 Desember 2021 tersebut, responden disodorkan 33 nama tokoh yang dinilai paling berpotensi menjadi capres.

Hasilnya, Prabowo menempati urutan teratas dengan 24,1 persen pemilih, lalu Ganjar menyusul dengan 20,8 persen, dan di posisi ketiga ada Anies dengan 15,1 persen.

"Pak Prabowo masih di peringkat pertama, kemudian Pak Ganjar Pranowo, kemudian Pak Anies. Tiga nama ini yang mencapai dua digit ke atas, yang lain masih satu digit," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers, Minggu (9/1/2022).

Kemudian, responden kembali disodorkan sejumlah nama calon, dari 33 menjadi 19 nama.

Hasilnya menunjukkan Prabowo masih bercokol di urutan pertama, disusul oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Sementara itu, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono berada di urutan keempat dan disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Adapun, survei bertajuk ‘Pemulihan Ekonomi Pasca-Covid-19, Pandemic Fatigue, dan Dinamika Elektoral Jelang Pemilu 2024, dilakukan pada 3-11 Desember 2021.

Survei ini dilakukan terhadap 2020 responden dengan jumlah sampel basis 1.020 responden yang tersebar proporsional di 34 provinsi dan dilakukan penambahan 800 responden dari Jawa Timur.

Dengan asumsi metode simpel random sampling, ukuran sampel basis 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber : JIBI/Bisnis.com