Advertisement

Jelang Nataru, Jumlah Penumpang KAI di Jogja Melonjak

Setyo Puji Santoso
Selasa, 21 Desember 2021 - 20:47 WIB
Sunartono
Jelang Nataru, Jumlah Penumpang KAI di Jogja Melonjak Calon penumpang kereta api - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Jumlah penumpang kereta api baik yang datang maupun berangkat dari wilayah Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta tercatat mengalami peningkatan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Informasi tersebut disampaikan Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (21/12/2021).

Supriyanto mengatakan, hingga hari ke-4 masa Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ada 51.789 penumpang naik dan 47.519 turun KA di wilayah Daop 6 Yogyakarta atau rata-rata 12 ribu penumpang naik dan 11 ribu penumpang turun per harinya.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

"Jika dibandingkan kondisi normal saat pandemi ini ada kenaikan trafik penumpang sekitar 5-10 persen," terangnya.

Menurutnya, masa Angkutan Nataru telah ditetapkan KAI mulai 17 Desember 2021 sampai dengan 4 Januari 2022.

Untuk memaksimalkan pelayanan kepada penumpang itu ada delapan KA tambahan yang dioperasikan.

“Setiap harinya, ada 30 KA jarak jauh keberangkatan dan kedatangan di Daop 6 serta ada 38 KA jarak jauh yang melintas di wilayah Daop 6 Yogyakarta serta 32 perjalanan KA Lokal. Selain itu, disiapkan juga 8 KA tambahan yang terdiri dari 4 KA tambahan relasi Solo – Gambir PP dan 4 KA tambahan relasi Yogyakarta – Gambir PP,”jelas Supriyanto.

Selanjutnya Supriyanto menyampaikan bahwa KAI Daop 6 memastikan hanya pelanggan yang benar-benar sesuai ketentuan yang boleh berangkat naik KA pada masa pandemi Covid-19 ini.

Pemeriksaan akan dilakukan oleh petugas di stasiun. Pelanggan yang tidak menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, tiketnya akan dibatalkan dan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan.

Advertisement

KAI terus mengingatkan pelanggan untuk memperhatikan persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah dalam hal perjalanan menggunakan kereta api di masa Natal dan Tahun Baru 2022 ini seperti vaksin bagi pelanggan di usia diatas 12 tahun serta hasil negatif Rapid Test Antigen maupun PCR.

“Terutama untuk keberangkatan 24 Desember 2021 – 02 januari 2022 sesuai SE Kemenhub No 112 Tahun 2021, pelanggan diatas 17 tahun harus sudah divaksin dosis lengkap dan pelanggan dibawah 12 tahun harus menunjukkan hasil negatif PCR yang berlaku 3x24 jam,” ujar Supriyanto.

Adapun tiket Kereta Api pada masa Natal dan Tahun Baru 2022 sudah dapat dipesan oleh masyarakat melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Advertisement

Pada masa Nataru ini pula, para jajaran pegawai KAI dari Direksi hingga petugas di lapangan juga melakukan posko di berbagai daerah untuk memastikan pelayanan berjalan dengan lancar, protokol kesehatan diterapkan secara disiplin, dan memastikan sarana dan prasarana kereta api dalam kondisi yang andal.

“KAI akan terus memantau mobilitas masyarakat pada moda transportasi kereta api dan akan menyediakan layanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat selama masa Natal dan Tahun Baru 2022,” tutup Supriyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Rawan Bencana Hidrometeorologi, BPBD Bantul Siagakan Pos di 29 Kalurahan

Bantul
| Sabtu, 08 Oktober 2022, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement