Semeru Meletus, Suasana Lumajang Gelap Gulita di Sore Hari

Tangkapan layar warga panik berhamburan saat erupsi Semeru, Sabtu (4/12 - 2021). / Ist.
04 Desember 2021 17:37 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Kawasan Lumajang bahkan dilaporkan dalam keadaan gelap gulita akibat tertutup abu pada sore hari.

Dalam video yang beredar, salah satu warga melaporkan kondisi salah satu desa tepatnya di Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang sekitar pukul 16.00 WIB namun gelap gulita seperti malam. Dalam video tersebut salah satu warga menyampaikan kepada warga lain di sekitar Lumajang, seperti Malang agar waspada.

BACA JUGA : Awan Panas Semeru Meluncur 3.000 Meter dari Puncak 

“Sementara sumberwuluh, semeru meletus, jam 4 sore seperti malam suadara, bagi warga Kabupaten Malang untuk waspada, kondisi lumajang saat ini jam 4 sore seperti malam hari,” katanya.

Dalam video lain yang juga beredar di linimasa, tampak warga berhamburan. Dalam video sekitar 18 detik yang beredar di linimasa tampak anak-anak berlarian menjauhi Gunung yang tampa menyemburkan awan panas.

“Ya Allah, Allahu akbar, astaghfirullah,” ucap salah satu warga disertai dengan suara kepanikan warga lainnya.

Semere pun menjadi trending topic di twitter, tercatat hingga pukul 11.17 WIB sudah ada 43.600 twit tentang erupsi semeru. Sebagian besar netizen mendoakan warga di sekitar Gunung Semeru dalam keadaan baik-baik saja.