Pencari Kerja! Ini 6 Situs Lowongan Kerja Terbaik di Indonesia

Ilustrasi bursa kerja
02 Desember 2021 16:37 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dimana biasanya Anda mencari lowongan pekerjaan?

Di koran, di website resmi perusahaan, dan tentunya di situs lowongan kerja.

Tapi, banyak orang yang khawatir tertipu saat mencoba mencari lowongan kerja di situs-situs lowongan kerja yang beredar.

Jika Anda tidak ingin tertipu, berikut 6 situs lowongan kerja yang paling banyak dicari di Indonesia seperti dikutip dari disnakertrans.ntbprov.go.id

1. Jobstreet

Pengembang situs asal negeri Jiran Malaysia ini berkembang sebagai fasilitator pencocokan dan komunikasi lapangan kerja antara pencari kerja dan perusahaan, di Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia dan Vietnam.

Situs pencari kerja yang didirikan pada tahun 1997 ini disebut memiliki kurang lebih 80 ribu perusahaan yang tergabung dan 11 juta pencari kerja yang terdaftar. Bagi para pencari kerja hanya perlu mendaftar dan masuk ke dalam situs untuk memperbarui profil diri, guna menarik atensi dari perusahaan yang dituju.

Jika beruntung, pelamar akan dihubungi langsung oleh manajemen perusahaan melalui email atau nomor telepon pelamar yang telah dicantumkan dalam informasi diri.

Jobstreet juga memberikan akses bagi penggunanya untuk memantau proses lamaran: mulai dari sudah diterima, panggilan wawancara, hingga proses lanjutan lainnya.

Bahkan jika lamaran telah dilihat oleh perusahaan yang dilamar, pengguna akan diberitahukan informasi tersebut, serupa juga dengan panggilan wawancara. Perusahaan bisa memanggil wawancara melalui Jobstreet atau menghubungi kontak pribadi secara langsung.

Dengan fitur yang lengkap dan memiliki banyak pengguna ini menjadikan Jobstreet menjadi situs penyedia informasi pekerjaan yang terpercaya dan user-friendly.

2. LinkedIn

LinkedIn adalah sebuah jaringan profesional terbesar di dunia dengan lebih 690 juta pengguna, pada lebih 200 negara. Sejak 2016 LinkedIn resmi diakuisisi oleh Microsoft.

Kelebihan LinkedIn dibanding situs pencari kerja lainnya adalah layaknya media sosial yang dikemas dalam wajah profesional. Ini memudahkan para perekrut untuk memantau koneksi atau jaringan profesional si pelamar.

Selain itu, terdapat pula fitur rekomendasi yang bisa diisi kolega maupun orang lain mengenai keahlian pelamar. Fitur ini tentu dapat menjadikan nilai tambah dan membangun kepercayaan perusahaan.

Selain mengirimkan lamaran, pelamar juga bisa mengatur mode sedang terbuka untuk lowongan pekerjaan baru. Dengan demikian, perusahaan yang sedang mencari karyawan baru bisa mengidentifikasi Anda.

Kelebihan lainnya, pelamar kerja juga bisa memantau perkembangan perusahaan incarannya melalui LinkedIn. Ini ibarat platform menguntungkan bagi kedua belah pihak–baik pelamar dan perekrut.

3. Karir

Situs penyedia lowongan informasi kerja terpercaya besutan pengembang asal Indonesia ini juga memiliki fitur pencarian yang efektif dan memudahkan pengguna. Karir.com didirikan oleh PT Karir Komunika Pratama yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dalam laman utama akan langsung dihadapkan dengan lowongan kerja terpopuler versi mereka. Selain itu di sisi lain ada lowongan kerja yang sesuai dengan profil pengguna.

Dalam lamannya, Karir.com menjelaskan bahwa calon pekerja akan mendapatkan lowongan kerja sesuai dengan resume, aksesnya pun gratis serta ada fitur pengembangan karir oleh ahli psikologi. Lalu ada informasi mengenai program khusus dan manajemen trainee perusahaan nasional atau multinasional.

Selain itu, mereka juga menyajikan lowongan terbaik berdasarkan domisili kota sang penggunanya. Serta mengurutkan jenis kerjaan dalam 18 sektor, di antaranya, perdagangan umum, produk konsumen, konstuksi, asuransi, media, otomotif, e-commerce, perawatan kesehatan, telekomunikasi, dan lainnya.

Pencari kerja harus membuat akun dan memperbarui profil yang menarik sesuai dengan kualifikasi diri. Selain itu Karir.com memiliki fitur penyedia tes pengembangan diri yang meliputi tes bahasa inggris, tes minat dan tes gaya komunikasi.

Setidaknya fitur tersebut dapat membantu para pencari kerja menilai kualifikasi dirinya.

4. Glints

Portal pencari kerja asal Singapura ini menjadi rekomendasi bagi pelamar yang baru lulus, ingin mencari pekerjaan baru, bahkan pengembangan karier para profesional muda yang lebih baik.

Tampilan dan branding platform-nya disajikan sangat milenial. Selain lowongan pekerjaan, Glints juga menyediakan informasi lowongan magang. Glints juga memiliki fitur penyedia jasa konsultasi dan rekomendasi pengembangan karir melalui live chat, serta dilengkapi layanan untuk menjelajahi bidang karir lain dan pelatihan keahlian khusus melalui expert class.

Bagi para pelamar kerja yang masih meragukan kemampuannya, mereka dapat mengikuti beberapa pelatihan yang diinisiasi oleh Glints. Selain itu, terdapat empat kategori pekerjaan yang memudahkan pencari yakni, kerja secara remote, freelance, part-time, dan full-time. Selanjutnya ada informasi soal perusahaan top menurut mereka yang sedang merekrut karyawan.

5. Urbanhire

Startup yang dibangun anak Indonesia ini memang sejak awal terlihat menargetkan pasar internasional, dan kemungkinan besar pasar Asia Tenggara. Hal tersebut dapat terlihat dari branding dan isi situs Urbanhire yang menggunakan bahasa Inggris.

Startup asal Jakarta ini menawarkan sistem pelacakan aplikasi para pelamar kerja atau applicant tracking system (ATS). Semua itu berbasis komputasi awan (cloud computing).

Platform Urbanhire kemudian memungkinkan perusahaan berbalas email dengan kandidat untuk menentukan jadwal wawancara. Tak hanya menyediakan lowongan pekerjaan terbaru, tetapi ada juga tips dan informasi terkait pengembangan karir yang disediakan oleh Urbanhire.

6. Kalibrr

Kalibrr kerap digunakan sebagai pihak ketiga pendaftaran di startup ternama seperti Gojek, Shopee, dan Tokopedia. Setidaknya lebih dari 500 perusahaan sudah bergabung untuk memasang informasi lowongan pekerjaan serta 4.000 lebih lowongan pekerjaan yang tersedia.

Pengembang situs asal Filipina ini memiliki keunggulan fitur lain selain sebagai portal penyedia informasi lowongan kerja. Kalibrr menyediakan fitur branding bagi pelamar hingga tes pengembangan bakat yang bakal diberikan nilai.

Nilai tersebut tentu saja dapat menarik atensi tambahan bagi perusahaan pemasang informasi lowongan pekerjaan untuk merekrut pelamar dengan cepat.

Sumber : JIBI/Bisnis.com