Warga Belum Vaksinasi Covid-19 Perlu Diberikan Edukasi

Kegiatan vaksinasi Covid-19. - Ist.
24 November 2021 22:57 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Persentase warga yang telah divaksinasi di wilayah DIY terus meningkat. Jumlah warga yang belum divaksin pun kian berkurang. Penyebabnya beragam, mulai dari faktor kesehatan hingga takut jarum suntik. Para pemangku kepentingan pun melakukan edukasi kepada warga.

Lurah Sendang Agung, Kapanewon Minggir, Sleman Raden Heru Prasetya Wibawa menjelaskan jumlah warganya yang telah divaksinasi sudah mencapai 80% dari total sekitar 3.000 sasaran. Pada Rabu (24/11/2021) pagi kembali digelar vaksinasi melalui kerja sama dengan Binda DIY di Balai Kalurahan dengan jumlah sasaran sekitar 600 warga. Upaya mencapai target vaksinasi 100% pun terus dilakukan, salah satunya melalui edukasi kepada warga yang belum vaksin.

BACA JUGA : Sultan HB X Minta Vaksinasi di DIY Tuntas Sebelum Januari 2022 

“Penyebabnya beragam warga yang belum divaksin ada karena faktor kesehatan, lansia, lalu ada juga yang karena takut jarum suntik. Ini kami berusaha untuk mengedukasi mereka. Kalau yang faktor kesehatan disarankan konsultasi lebih dahulu, kalau memungkin baru vaksin lagi,” katanya.

Koordinator Vaksinasi Binda DIY Adi Riyanto menambahkan vaksinasi di Balai Kalurahan Sendang Agung merupakan vaksinasi lanjutan dari program dari pintu ke pintu dengan sasaran warga yang belum divaksin. Mereka rata-rata lansia, difabel dan warga yang tidak bisa beraktivitas jarak jauh. Penyebab warga yang belum vaksin memang beragam, terutama pada lansia mereka memiliki komorbid, penderita stroke sehingga tidak memungkinkan divaksin.

“Kami mengedukasi mereka, bagi yang belum divaksin karena faktor kesehatan disarankan untuk konsultasi ke Puskesmas, mengecek kondisinya. Setelah itu kami akan lanjutkan berikan vaksinasi,” ujarnya.

Jelang akhir tahun vaksinasi pun terus digencarkan untuk mencapai target arahan pemerintah pusat. Di Kota Jogja vaksinasi dosis pertama sudah lebih dari 100%, Sleman 90% dan tiga kabupaten lain seperti Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo masing-masing di angka 80% warga yang sudah divaksin. “Harapan semua segera tervaksin,” ucapnya.

BACA JUGA : Dinkes Masih Optimistis Target Vaksinasi Covid-19 Tercapai

Kepala Binda DIY Brigjen Pol Andry Wibowo menyatakan seluruh jajarannya terus bergerak di lapangan untuk memberikan vaksinasi kepada warga melalui kerja sama dengan instansi terkait. Terutama menyasar lansia dan difabel yang kesulitan beraktivitas keluar rumah dengan didatangi langsung ke tempat tinggalnya.

“Hari ini kami menggelar di dua tempat di Kalurahan Merdikorejo Tempel dan Kalurahan Sendangagung Minggir. Vaksinasi ini akan terus berjalan sampai mencapai 100 persen warga di DIY,” katanya