4 Orang Tewas Tertimbun Bencana Longsor di Banjarnegara

Lokasi longsor di Banjarnegara - Solopos
20 November 2021 13:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, PURWOKERTO - Nasib nahas dialami empat orang warga di Desa Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pasalnya, mereka tewas tertimbun longsor pada Jumat (19/11/2021) malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, identitas keempat korban tewas itu berinisial B (14), F (11), A (seorang bidan) dan P (38).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan, seluruh korban tewas saat ini telah berhasil dievakuasi.

“Operasi pencarian oleh tim gabungan dilakukan selama enam jam, menggunakan alat cangkul dan alat berat, lebih dari 100 personel membantu proses pencarian dan pada saat ini seluruh korban meninggal dan juga korban luka telah ditemukan serta sudah dievakuasi,” katanya.

Menurutnya, musibah tersebut terjadi setelah tebing setinggi 25 meter longsor dan menimpa dua rumah warga.

Saat kejadian tidak dalam kondisi hujan, karena hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang terjadi sebelumnya, yakni pada siang hingga sore hari atau beberapa jam sebelum kejadian.

BACA JUGA: Ini Besar Biaya Kuliah Kedokteran di UNS

Terkait kejadian itu, pihaknya kembali mengingatkan seluruh masyarakat di wilayah Banjarnegara untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana tanah longsor menyusul peningkatan curah hujan beberapa hari terakhir.

“Mengingat beberapa hari ini intensitas hujan sangat tinggi, kami mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada. Bagi yang tinggal di lokasi rawan longsor agar segera mengungsi jika turun hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama,” katanya.

Sumber : Solopos.com