Advertisement

November, Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama Ditarget Rampung

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 18 November 2021 - 12:27 WIB
Nina Atmasari
November, Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama Ditarget Rampung Vaksinasi pelajar SMP dan SMA Budi Utama, Sinduadi, Mlati, Sleman, Rabu (14/7/2021)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemerintah Kabupaten Sleman menargetkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama bisa selesai pada akhir November 2021 ini. Sementara untuk dosis kedua rampung pada awal tahun 2022 mendatang. Capaian vaksinasi dosis pertama adalah 88,9% dan vaksinasi dosis sudah mencapai 75,6%.

Karena hanya kurang sekitar 10%, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Cahya Purnama menargetkan capaian vaksinasi untuk dosis pertama akan selesai pada akhir November ini atau awal Desember mendatang. "Per 14 November, capaian vaksinasi dosis pertama sudah 89,9 persen. Mudah-mudahan akhir bulan ini kami dapat menyelesailan 100 persen vaksinasi Covid-19 dosis pertama," kata Cahya, Rabu (17/11/2021).

Advertisement

Adapun capaian vaksinasi dosis kedua per 14 November sudah mencapai 75,6% sehingga proses pemberian vaksinasi dosis kedua ini ditarget selesai pada awal Januari 2022 mendatang. "Nah, kami saat ini mulai menyiapkan data-data untuk pemberian vaksinasi bagi anak usia 6-12 tahun. Tahun depan kami harapkan bisa memulai pemberian vaksinasinya," katanya.

Rencana pemberian vaksinasi Covid-19 bagi anak sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan. Oleh karenanya, Dinkes mulai menyiapkan data-data calon penerima vaksinasi mulai saat ini. "Data awal ada sekitar 80.000 anak untuk usia 6-12 tahun sehingga kebutuhan vaksinasinya ya sekitar 160.000 dosis. Tentu kami ajukan kebutuhan vaksinasi ini ke pusat setelah seluruh data siap," katanya.

Vaksinasi untuk anak menggunakan jenis vaksin Sinopharm dan Sinovac, sesuai dengan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pelaksanaannya di setiap kapanewon, seperti vaksinasi untuk anak SMP yang telah berjalan. 

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi bagi anak di bawah 12 tahun ini membutuhkan usaha yang besar agar bisa terlaksana dengan cepat. Sebab pemberian vaksinasi bagi anak-anak ini bertujuan agar pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dapat berjalan aman dan lancar.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman, Ery Widaryana mengatakan saat ini Disdik masih menunggu regulasi resmi mengenai vaksinasi bagi anak usia 6-12 tahun. Saat ini Disdik terus melakukan pendataan anak-anak yang menjadi sasaran vaksinasi.

"Sementara kami data dulu nanti kalau regulasinya sudah ada, maka kegiatan vaksinasi bisa dilaksanakan," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement