Advertisement

Ada Beasiswa dari Bank Indonesia, Ini yang Perlu Disiapkan

Newswire
Jum'at, 12 November 2021 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Ada Beasiswa dari Bank Indonesia, Ini yang Perlu Disiapkan Ilustrasi beasiswa - Ist/mmhealth.org

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Bank Indonesia memberi beasiswa untuk kuliah. Beasiswa Bank Indonesia menjadi salah satu incaran para pejuang beasiswa di Indonesia. Oleh sebab itu persaingannya pun terbilang ketat.

Salah satu Awardee Bank Indonesia Unggulan Scholarship Rahardian Satya Mandala Putra memberikan informasi mengenai beasiswa ini agar bisa sukses menjadi penerima beasiswa yang diberikan Bank Sentral Indonesia tersebut.

Advertisement

Menurut Mandala, sapaan akrabnya, beasiswa Bank Indonesia merupakan salah satu jalur yang bisa ditempuh calon mahasiswa untuk mendapatkan kuliah gratis. Tidak hanya biaya kuliah, mahasiswa yang terdaftar sebagai penerima Beasiswa BI akan mendapatkan uang saku.

Ada dua jenis yakni beasiswa reguler dan beasiswa unggulan dari Bank Indonesia. Adapun perbedaan dari kedua beasiswa tersebut, lanjutnya, adalah pada nominal dan persyaratan yang harus dipenuhi.

“Untuk beasiswa unggulan terdapat tambahan persyaratan berupa tes TOEFL dan beberapa ketentuan yang berbeda dengan beasiswa Bank Indonesia regular,” tuturnya pada Webinar Scholarship yang digelar BEM Unair melansir laman resmi Unair, Jumat (12/11/2021).

Dia membeberkan beberapa persiapan untuk mendaftar Beasiswa Bank Indonesia di bawah ini.
1. Mahasiswa harus menyiapkan dokumen sejak jauh hari
2. Hindari persiapan administrasi yang mendadak.
3. Mahasiswa menyusun surat motivasi yang menarik dengan banyak melakukan konsultasi kepada dosen atau kakak tingkat penerima beasiswa Bank Indonesia.

“Persiapan ketiga adalah mencari surat rekomendasi ke orang yang tepat seperti dosen atau orang penting dalam pendidikan. Mahasiswa juga harus menyiapkan life map dengan tepat dan rinci serta realistis,” lanjutnya.

Mandala juga memaparkan ada tiga tahapan yang harus dilewati para pejuang Beasiswa Bank Indonesia.
1. Tahap seleksi administrasi. Pada tahap tersebut, mahasiswa harus menyiapkan dokumen-dokumen yang disyaratkan seperti motivation letter, surat rekomendasi, dan life map yang realistis selama lima tahun ke depan.
2. Tahapan selanjutnya adalah seleksi wawancara dengan petinggi Bank Indonesia mengenai kontribusi selama di bangku kuliah hingga motivasi mengikuti scholarship.
3. Tahap pengumuman hasil.

Dengan menjadi awardee Bank Indonesia Scholarship, mahasiswa dapat langsung bergabung dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GENBI). Mereka juga bisa mengikuti berbagai kegiatan menarik, seperti pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan, dan pelatihan soft skill lainnya.

“Mahasiswa akan berkesempatan mengikuti program menarik dari Bank Indonesia khusus untuk awardee dan membantu biaya pendidikan,” tutupnya.

Artikel ini telah tayang di https://edukasi.okezone.com/dengan judul "Kabar Baik! Bank Indonesia Berikan Beasiswa, Cek Informasinya di Sini "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang DIY, Ini Lokasi Pusatnya

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement