Sederet Fakta Abraj Kudai, Hotel Terbesar Dunia yang Punya 70 Restoran

Abraj Kudai - travelandleisure
09 November 2021 09:57 WIB Ayyubi Kholid Saifullah News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tuntutan wisatawan untuk menginap di hotel mewah sepertinya tidak ada habisnya sekalipun diterpa pandemi Covid-19.

Berbicara tentang hotel, salah satu hotel yang menarik perhatian dunia dalah Abraj Kudai yang berada di Mekkah Arab Saudi. Sebelumnya, hotel ini direncanakan dibuka pada 2017 namun pembangunan terkendala oleh krisis keuangan. 

Pembangunan hotel ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan akomodasi untuk jamaah haji dan umrah.  Hotel Abraj Kudai di Mekah akan menjadi rumah bagi hotel terbesar di dunia dengan 10.000 kamar 70 Restoran, dan 5 Helipad Atap di Mekah.

Hotel tesebut, Disebut-sebut sebagai hotel terbesar di dunia, proyek tersebut dimiliki oleh Kementerian Keuangan Arab Saudi dan sedang dirancang oleh grup Dar Al-Handasah. Ini akan berlokasi di area Manafia di zona tengah Mekah, yang berjarak sekitar 2 km dari Masjidil Haram di Mekah.

Berikut fakta-fakta yang dilansir dari India Today. Pertama, Abraj Kudai belum dibuka untuk umum.

Kedua, mengingat ketinggian hotel dan jumlah kamar yang akan ada, hotel di Mekah ini akan menjadi hotel terbesar di dunia setelah dibuka tetapi masih belum memecahkan rekor hotel tertinggi.

Baca juga: Terduga Teroris di Lampung adalah Guru Ngaji, Kades: Orangnya Ramah

Namun, foto yang dibagikan di Facebook memang adalah Hotel Abraj Kudai.

Menurut Guinness Book of World Records, hotel terbesar di dunia adalah First World Hotel di Pahang Darul Makmur, Malaysia dengan 7.351 kamar.

Pada bulan Agustus 2009, Forbes menerbitkan sebuah artikel yang mengutip Hannah Ortman, Kepala Manajemen Rekam di Guinness, bahwa Hotel Abraj Kudai pada akhirnya akan memecahkan rekor dunia untuk hotel terbesar ketika dibuka pada tahun 2021.

Hotel ini akan berlokasi di area Manafia di zona tengah Mekah, yang berjarak sekitar 2 km dari Masjidil Haram di Mekah.

Wisatawan akan ditawari tingkat kemewahan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan lebih dari 70 restoran.

Hotel ini mengharapkan banyak kunjungan kerajaan, jadi direncanakan luas lantai hotel ini akan sekitar 1,4 juta meter persegi dan dapat dipesan oleh keluarga kerajaan.

Sebuah kubah yang terletak di atas dua menara tengah akan menjadi tempat ballroom dan pusat konvensi. Abraj Kudai juga memiliki salah satu kubah terbesar di dunia di atas menara tertingginya.

Sumber : bisnis.com