Pemuda Magelang Gowes ke Makkah untuk Naik Haji, Tiba Juni Tahun Depan

Muhammad Fauzan, pemuda asal Kabupaten Magelang, Jawa Tengah akan melakukan perjalanan dengan sepeda ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji. - Suara.com/Facebook
05 November 2021 17:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG—Pemuda asal Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), bernama Muhammad Fauzan, ngonthel atau mengayuh sepeda untuk naik haji ke Tanah Suci, Makkah, Arab Saudi.

Fauzan memulai perjalanan ke Makkah dari Magelang pada Kamis (4/11/2021). Ia diperkirakan tiba di Tanah Suci saat musim haji Juni 2022 nanti.

BACA JUGA: Ini 10 Tempat dengan Udara Terbersih di Dunia

“Berangkat pukul 08.00 WIB. Rencana perjalanan ini finis di Makkah lewat jalur utara,” ujar Fauzan sebagaimana dikutup Suara.com, Kamis (4/11/2021).

Fauzan akan bersepeda melintasi delapan negara dan menempuh jarak sekitar 12.724 kilometer untuk sampai ke Makkah. Ia memperkirakan akan tiba di Makkah saat musim haji nanti.

“Masih ada waktu sekitar tujuh bulan. Nanti kalau misalnya eror ya minimal umrah,” ujar Fauzan.

Selain haji atau umrah, Fauzan juga berencana melanjutkan pendidikan di Makkah. Selama perjalanan, ia berencana mengunjungi perwakilan kantor, instasi, dan lembaga pendidikan Muhammadiyah.

“Jadi nanti kalau di daerah yang ada pimpinan Muhammadiyah, kantornya, atau instansinya, saya mampir. Termasuk kemarin di Magelang berkunjung ke Pimpinan Daerah Muhammadiyah,” paparnya.

Fauzan mengaku tidak melakukan persiapan khusus sebelum memulai aksi ngontel atau perjalanan panjang dengan sepeda ke Tanah Suci. Dia bahkan mengaku belum pernah bersepeda jarak jauh sebelumnya.

Rute perjalanan dengan menggunakan sepeda dari Magelang hingga Makkah hanya dipelajari dari catatan orang-orang yang pernah menempuh jalur tersebut. “Kemarin ada yang berpengalaman kalau enggak lewat Myanmar bisa lewat atas. Ada beberapa negara saya lupa,” ujarnya.

Ia juga mengaku akan menepuh perjalanan melintasi negara Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, kemudian menuju India, Pakistan, Iran, dan berakhir di Arab Saudi.

BACA JUGA: Viral Bukit Becak Gunungkidul, Warganet Sebut Serasa di Finlandia atau Austria

“Mempelajari rute itu sebenarnya sambil jalan. Misal hari ini saya dari Semarang mau ke mana? Misal Pekalongan kan jadi nanti ada rutenya. Nanti sudah masuk negara lain juga begitu,” ujar Fauzan.

Fauzan mengaku akan melakukan perjalanan dengan sepeda saat pagi hari hingga menjelang maghrib. Sementara, waktu malam hari akan digunakannya untuk beristirahat.

Fauzan telah menyiapkan paspor, visa, dan surat vaksin Covid-19. “Insyaallah tetap ikhtiar seperti vaksin dan lain sebagainya. Perjalanan ini kan panjang dan jauh, pasti ada problem. Tapi, sudah saya niatkan karena Allah. Semoga bisa teratasi dan Allah tetap sampaikan ke Makkah,” ujarnya.

Sumber : Suara.com