Dukung Keputusan Jokowi Pilih Andika Perkasa, JK: Pengalaman dan Kekar Lagi

Jusuf Kalla. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya
04 November 2021 15:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK) mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa untuk menjadi Panglima TNI.

"Kita dukung lah apapun Presiden Jokowi usulkan. Kita dukung secara moral,” kata JK usai memimpin apel kesiapsiagaan PMI dalam menghadapi dampak musibah La Nina di Gudang Markas PMI, Jakarta Selatan, Kamis (04/11/2021).

Di mata JK, Jenderal Andika merupakan sosok yang berpengalaman. Ia juga menyinggung soal tubuh Andika yang kekar. "Apalagi beliau sudah pengalaman dan kekar lagi,” ujarnya.

Jokowi Pilih Andika Perkasa

Presiden Jokowi akhirnya mengusulkan nama KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon panglima. Usulan itu disampaikan Jokowi melalui surat presiden yang dikirimkam melalui Mensesneg Pratikno kepada DPR, Rabu kemarin.

Baca juga: Harta Calon Panglima TNI Andika Perkasa Rp179 Miliar

Ketua DPR Puan Maharani yang menerima surpres menegaskan bahwa Jokowi hanya mengusulkan satu nama sebagai calon tunggal Panglima TNI.

"Pimpinan DPR RI menerima surat presiden mengenai usulan calon Panglima TNI calon atas nama Jenderal TNI Andhika Perkasa untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang telah memasuki pensiun," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Setelah menerima surat presiden, Puan mengatakan selanjutnya DPR akan menindaklanjuti supres terkait pergantian Panglima TNI.

"Dengan demikian, DPR RI akan segera menindaklanjuti surpres mengenai usulan calon Panglima TNI yang baru tersebut," ujar Puan.

Sumber : suara.com