Belasan Banti Asuhan Dibantu Paket Kebutuhan Anak

Penyaluran bantuan paket untuk anak yatim di salah satu panti asuhan. - Ist.
31 Oktober 2021 06:57 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 15 panti asuhan di Gunungkidul diberikan bantuan paket perlengkapan anak yatim. Kegiatan yang digelar oleh Sekolah Kesatuan Bangsa itu untuk memberikan keteladanan dalam berakhlak mulia dan berjiwa sosial kepada para siswa.

Adapun pelaksanaan kegiatan lebih memaksimalkan melibatkan siswa melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan dibantu orangtua dan guru.

“Sebanyak 600 paket telah dibagikan ke 15 panti asuhan di Kabupaten Gunungkidul. Untuk memaksimalkan sasaran dan pembagian secara tepat, kami berkoordinasi dengan Dinas Sosial DIY dan Lembaga Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Gunungkidul,” kata Koordinator Acara Lukman Nul Hakim, Sabtu (31/10/2021).  

Ia menambahkan, kegiatan sosial itu untuk memudahkan siswa dalam berbagi bersama kepada anak-anak yatim, piatu, duafa kemudian dipilih sebanyak 15 panti asuhan. Adapun setiap paket yang dibagikan berisi kebutuhan anak yang dikemas dalam tas sekolah berisi alat kebersihan, botol minum, handuk, buku serta ATK hingga uang saku. “Selain itu ada alat bantu jalan bagi penyandang tunanetra,” katanya.

Hari Wibowo selaku kepala bimbingan SMP Sekolah Kesbang mengatakan kegiatan sosial itu diharapkan dapat menumbuhkan jiwa sosial di kalangan pelajar. Sehingga setiap tahun rutin digelar yang berasal dari orangtua siswa, guru hingga masyarakat lainnya.

“Harapan kami ke depan bisa menjangkau masyarakat lebih luas terutama daerah pelosok, ini menjadi praktik sosial bagi siswa,” katanya.