Ini Alasan Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hindu

Sukmawati Soekarnoputri - Antara/Meli Pratiwi
23 Oktober 2021 17:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SOLO - Sukmawati Soekarnoputri memutuskan meninggalkan Islam untuk pindah ke Hindu. Pengukuhan statusnya akan dilakukan pada Selasa (26/10/2021) di Bali melalui ritual Sudhi Wadani.

Informasi tersebut disampaikan oleh Ketua The Soekarno Center Arya Wedakarna. Arya menyampaikan alasan Sukmawati pindah agama Hindu karena ingin mengikuti jejak neneknya, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

"Dulu nenek beliau kan ada yang Hindu begitu kan. Jadi kembali ke pangkuan Hindu Dharma, jadi justru beliau yang menyarankan. Tokoh-tokoh Bali juga menyarankan jadi untuk menjaga kebhinekaan kita," jelas Wedakarna dikutip dari Solopos, Sabtu (23/10/2021).

Menurutnya, keputusan Sukmawati untuk pindah agama dari Islam ke Hindu tersebut juga sudah mendapatkan persetujuan dari keluarga.

“Putra-putri beliau ada tiga orang kan. Mendapat persetujuan juga dari kakak dan adik putri Bung Karno yang lain seperti Ibu Mega, Ibu Rahma almarhum, Bapak Guntur, dan Bapak Guruh,” kata dia.

Sebagai informasi, Sukmawati merupakan putri presiden pertama Indonesia Soekarno dari istri pertama Fatmawati.

Sukmawati Soekarnoputri lahir di Jakarta pada tanggal 26 Oktober 1951, yang bernama lengkap Diah Mutiara Sukmawati Sukarnoputri.

Sumber : JIBI/Solopos