Kondisi Terkini Yahukimo Papua, Polri: Aman Terkendali

Satu kompi prajurit Satbrimobda Polda Riau sebelum berangkat melalui terminal Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Kota Pekanbaru, Sabtu (25/9). - Antara
12 Oktober 2021 11:57 WIB Sholahuddin Al Ayyubi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Polri memastikan situasi dan kondisi di Yahukimo Papua aman terkendali setelah peristiwa penyerangan Suku Yali beberapa waktu lalu hingga mengakibatkan enam orang tewas.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengklaim tim gabungan TNI-Polri tidak pernah berhenti melakukan patroli di wilayah tersebut untuk memastikan situasi aman dan terkendali.

"Situasi saat ini sudah aman dan terkendali. Tim dari TNI-Polri terus melakukan patroli di wilayah sana," tuturnya di Mabes Polri, Senin (11/10).

Kendati situasi sudah aman dan terkendali, namun menurut Ramadhan, masih ada ribuan orang yang tetap memilih tinggal sementara di pengungsian akibat trauma dengan peristiwa penyerangan itu.

Baca juga: Warga Sleman Lapor Polisi karena Lingkungan Rusak Ditambang, Sudah 9 Bulan Tak Ada Tindak Lanjut

"Ada 3.609 yang masih mengungsi karena trauma," katanya.

Sebelumnya, eristiwa penyerangan suku Yali terjadi pada hari Minggu (3/10). Akibatnya enam orang meninggal dunia pada peristiwa itu. Sementara, korban luka-luka mencapai 31 orang.

Peristiwa itu dipicu kabar simpang siur alasan meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Abock Busup saat tugas ke Jakarta. Padahal, pihak bupati keluarga enggan jenazah Abock diautopsi untuk mengetahui penyebab meninggalnya.

Abock saat itu ditemukan tak sadarkan diri di kamar Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat. Ia sempat dibawa ke Rumah Sakit Melia Cibubur sekitar pukul 11.00 WIB namun nyawanya tidak tertolong.

Sumber : bisnis.com