Ini Profil Adik Luhut, Kartini Sjahrir, Calon Komisaris LPKR

Kartini Sjahrir, saat menjadi Duta Besar Indonesia di Argentina. Kini, adik Luhut Pandjaitan itu menjadi calon komisaris PT Lippo Karawaci Tbk. - KBRI Buenos Aires
11 Oktober 2021 18:27 WIB Yuliana Hema News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu (13/10/2021) untuk melakukan pergantian direksi dan komisaris. Salah satunya, LPKR akan mengangkat Kartini Sjahrir sebagai Komisaris Independen. 

Wanita bernama lengkap Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir ini merupakan adik dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan. 

Kartini merupakan istri mendiang ekonom Sjahrir, yang sekaligus merupakan ibu dari Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI) Pandu Patria Sjahrir. 

Saat ini, wanita yang lahir di Simargala Huta Namora pada 1 Februari 1950 lalu, merupakan komisaris independen PT Siloam International Tbk (SILO). 

Kartini pernah menjadi penasihat senior untuk masalah perubahan iklim pada Kemenko Marves pada 2015–2019. Ia juga pernah menjadi wakil Indonesia di Dewan Penasihat ASEAN Institute for Peace and Reconciliation (ASEAN-AIPR) pada 2018–2020.

Sebelumnya, Kartini merupakan duta besar Indonesia untuk Argentina, Uruguay dan Paraguay dari 2010–2014. Di tahun terakhir masa jabatanya sebagai duta besar, Kartini dianugerahi medali penghargaan paling bergengsi dari Pemerintah Argentina, the Order de Mayo el Merito en el Grando Cruz. 

Ia juga memiliki hobi menulis ini telah menyelesaikan buku yang berjudul "Rumah Janda" dan telah diterbitkan oleh Yayasan OBOR Indonesia (YOI). Terbaru, seri kedua dari buku Rumah Janda II diterbitkan April lalu. 

Kartini merupakan lulusan sarjana Antropologi Universitas Indonesia. Kemudian, meraih gelar master dan doktor di bidang antropologi dari Boston University, Massachusetts. 

Selain buku Rumah Janda, hasil disertasinya juga dibukukan oleh PT. Grafiti Press tahun 1995 dengan judul "Pasar Tenaga Kerja Indonesia: Kasus Sektor Konstruksi". 

Kini, Kartini adalah Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatera Utara (USU) periode 2020-2025.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia