Molnupiravir Efektif untuk Obat Covid-19?

Pil antivirus Covid-19 eksperimental, molnupiravir, yang sedang dikembangkan oleh Merck & Co Inc dan Ridgeback Biotherapeutics LP terlihat dalam foto selebaran tak bertanggal yang dirilis oleh Merck & Co Inc dan diperoleh Reuters pada 17 Mei 2021. - Antara/Reuters
05 Oktober 2021 14:57 WIB Nancy Junita News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Obat Molnupiravir diseut-sebut terbukti efektif melawan Virus Corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19.  

Dikutip dari akun Instagram @adamprabata, Selasa (5/10/2021), bahwa Molnupiravir menurunkan risiko rawat inap dan menurunkan risiko kematian akibat Covid-19 hingga 50 persen.

Bagaimana cara kerja obat ini?

Molnupiravir menghambat Virus Corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 untuk memperbanyak diri.

Obat ini diproduksi perusahaan farmasi Merck dalam sediaan kapsul. Sebagai obat oral atau diminum, Molnupiravir diminum dua kali sehari selama lima hari, total 10 dosis.

Efektivitas obat tersebut terbukti bila dikonsumsi dalam 5 hari sejak gejala pertama Covid-19 muncul.

Bagaimana efektivitasnya?

Baca juga: PPKM Level 1-3 Diperpanjang Tapi Sudah Boleh Makan & Minum di Bioskop

Molnupiravir menurunkan risiko rawat inap atau kematian akibat Covid-19 yang efektivitasnya ditemukan pada: pasien dewasa, Covid-19 ringan hingga sedang, dan tidak dirawat inap.

Apakah efektif untuk varian Covid-19?

Molnupiravir menunjukkan efikasi yang kondisysn bila digunakan pada orang yang terinfeksi Covid-19 varian Delta, Mu, dan Gamma.

“Hingga 4 OKtober 2021, obat ini belum mendapat izin dari FDA di Amerika Serikat, Merck sudah mengajukan izin dan masih dalam proses,” kata Adam.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Sumber : bisnis.com