Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Ketua MPR Bambang Soesatyo

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. - ANTARA/ HO MPR RI
30 September 2021 15:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Pada 1 Oktober, Indonesia akan memeringati Hari Kesaktian Pancasila. Ketua MPR, Bambang Soesatyo, menilai Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum bagi komponen bangsa untuk kembali memaknai nilai-nilai luhur yang terdapat dalam setiap sila Pancasila.

"Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut, mengajak seluruh komponen bangsa untuk kembali memaknai nilai-nilai luhur yang terdapat dalam setiap sila Pancasila, sehingga dapat kita implementasikan dalam sikap berkehidupan berbangsa dan bernegara," kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Ia mengimbau para pemangku kepentingan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar terus menanamkan makna Pancasila dalam diri, memahami wujud implementasi.

Baca juga: DPR Resmi Pecat Azis Syamsuddin dan Lantik Lodewijk F. Paulus

Selain itu menurut dia, menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya agar seluruh masyarakat Indonesia tertanam jiwa patriot yang Pancasilais.

"Seluruh kementerian, lembaga, dan instansi bersama masyarakat agar memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk mencapai Indonesia yang lebih baik, melalui kebijakan-kebijakan maupun peraturan yang ditetapkan berlandaskan Pancasila, dikarenakan Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, setiap warga negara Indonesia wajib menghormati para pahlawan yang telah gugur dalam melakukan tugas melindungi negara dan dasar negara yaitu Pancasila.

Menurut dia, negara yang besar adalah negara yang tidak melupakan sejarah perjuangan dari pahlawannya.

Sumber : Antara