Advertisement

Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Ketua MPR Bambang Soesatyo

Newswire
Kamis, 30 September 2021 - 15:37 WIB
Nina Atmasari
Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Ketua MPR Bambang Soesatyo Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. - ANTARA/ HO MPR RI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Pada 1 Oktober, Indonesia akan memeringati Hari Kesaktian Pancasila. Ketua MPR, Bambang Soesatyo, menilai Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum bagi komponen bangsa untuk kembali memaknai nilai-nilai luhur yang terdapat dalam setiap sila Pancasila.

"Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut, mengajak seluruh komponen bangsa untuk kembali memaknai nilai-nilai luhur yang terdapat dalam setiap sila Pancasila, sehingga dapat kita implementasikan dalam sikap berkehidupan berbangsa dan bernegara," kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Advertisement

Ia mengimbau para pemangku kepentingan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar terus menanamkan makna Pancasila dalam diri, memahami wujud implementasi.

Baca juga: DPR Resmi Pecat Azis Syamsuddin dan Lantik Lodewijk F. Paulus

Selain itu menurut dia, menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya agar seluruh masyarakat Indonesia tertanam jiwa patriot yang Pancasilais.

"Seluruh kementerian, lembaga, dan instansi bersama masyarakat agar memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk mencapai Indonesia yang lebih baik, melalui kebijakan-kebijakan maupun peraturan yang ditetapkan berlandaskan Pancasila, dikarenakan Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, setiap warga negara Indonesia wajib menghormati para pahlawan yang telah gugur dalam melakukan tugas melindungi negara dan dasar negara yaitu Pancasila.

Menurut dia, negara yang besar adalah negara yang tidak melupakan sejarah perjuangan dari pahlawannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement