Kursi Menteri BUMN hingga Dirut Telkomsel Bakal Diserahkan ke 6 Wanita Ini

Menteri BUMN Erick Thohir saat RDP dengan Komisi VI DPR membahas usulan PMN 2022, Kamis (8/7 - 2021).
28 September 2021 13:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan program #GirlsTakeover dalam rangka mewujudkan kesejahteraan gender.

Adapun, program ini akan memberi kesempatan bagi enam perempuan muda yang lolos seleksi untuk mengambil alih sementara posisi Menteri BUMN dan direktur utama di lima perusahaan pelat merah.

"Program #GirlsTakeover ini adalah wujud komitmen Kementerian BUMN dan BUMN untuk memajukan kepemimpinan perempuan. Ini sejalan dengan semangat di BUMN untuk transformasi human capital dan kepemimpinan perempuan,” ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Senin (27/9/2021).

Enam finalis perempuan tersebut telah terpilih dari ribuan pendaftar setelah melalui berbagai tahap seleksi yang ketat. Keenamnya akan menjadi Menteri BUMN, Direktur Utama (Dirut) Angkasa Pura I, Dirut Bank Mandiri, Dirut BRI, Dirut Kimia Farma, dan Dirut Telkomsel selama sehari.

Menteri BUMN sebelumnya menargetkan keterwakilan perempuan di dewan komisaris, dewan direksi, dan satu level di bawah direksi BUMN sebesar 15 persen pada 2021. Target itu meningkat menjadi 25 persen pada 2023. Sedangkan saat ini target itu barau mencapai 13 persen.

Enam perempuan yang lolos seleksi untuk mengikuti program #GirlsTakeover adalah sebagai berikut:

1. Andinda
Perempuan berusia 19 tahun asal Jawa Tengah itu merupakan mahasiswa jurusan teknik informatika semester III di salah satu universitas. Selain kuliah, ia aktif terlibat dalam kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa dan mengajar sebagi asisten dosen.

2. Indira
Perempuan berusia 23 tahun asal Makassar itu merupakan karyawan di salah satu perusahaan perbankan.

3. Putri Gayatri
Perempuan asal Kabupaten, Bandung, Jawa Barat ini memiliki latar belakang sebagai pelajar dan aktivis.

4. Sharon
Perempuan 24 tahun itu berprofesi sebagai pegawai perbankan. Ia berasal dari Kota Bekasi, Jawa Barat.

5. Sisil
Perempuanasal Kupang ini berusia 22 tahun. Dia berprofesi sebagai guru pendidikan anak usia dini dan aktif mengajar di beberapa komunitas untuk anak pinggiran di kampung nelayan.

6.Virdha
Perempuan berumur 22 tahun asal Jawa Tengah itu aktif sebagai human resources and general affair. Dia juga aktif berkegiatan di salah satu pusat studi generik di Yogyakarta.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia