Semua Provinsi Ditarget Turun ke PPKM Level 2 pada November Mendatang

Anggota polisi memeriksa kendaraan yang akan melintas di lokasi penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Dumai, Riau, Sabtu (14/8/2021). Penyekatan PPKM Level IV di Dumai berlaku hingga 23 Agustus 2021 untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19 di daerah tersebut yang jumlah kasus harian sebanyak 64 orang dan jumlah kematian sebanyak 20 orang per minggu. ANTARA FOTO - Aswaddy Hamid
14 September 2021 10:57 WIB Edi Suwiknyo News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Pemerintah menargetkan semua provinsi di Indonesia sudah menerapkan PPKM Level 2 pada November 2021 mendatang dengan cakupan vaksinasi mencapai 74 persen. Pencapaian target tersebut diharapkan bisa mempercepat proses relaksasi kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat.

“Sehingga dapat memulai pembukaan New Normal,” kata Menkoordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarato dalam keterangan resminya, Selasa (14/9/2021).

BACA JUGA : Daerah Ingin Turun Level PPKM? Penuhi Dulu Cakupan Vaksinasinya! 

Airlangga memaparkan bahwa pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan pada wilayah jawa-Bali dan Luar Jawa-Bali semakin menunjukkan hasil yang membaik setiap pekan. Menurutnya, saat ini seluruh Provinsi Luar Jawa-Bali, misaonya bahwa tren kasus konfirmasi per 100 ribu penduduk per minggu sudah menurun.

“Momentum penurunan kasus sampai di bawah 100 ribu ini harus terus dijaga. Masyarakat jangan euforia karena angka kasus turun, karena varian Delta dan pandemi Covid-19 yang tidak mudah diprediksi," Airlangga dalam siaran resmi, Selasa (14/8/2021).

Tren perbaikan pengananan itu kemudian turut berdampak pada jumlah daerah yang menerapkan PPKM. Airlangga menyebutkan pada tanggal 3 September lalu, khusus luar Jawa Bali, ada dua provinsi yang masih menerapkan PPKM level 4. 

BACA JUGA : Okupansi Hotel Capai 50 Persen di Akhir Pekan PPKM Level 3

Sementara pada posisi 11 September kemarin tak ada lagi provinsi yang menerapkan PPKM level 4. Adapun PPKM level 3 saat ini juga sudah menurun dari 22 pronvinsi menjadi 16 provinsi.

Sementara, untuk level Kabupaten/Kota, dari 23 Kab/ Kota dengan PPKM Level 4, terdapat 16 Kab/Kota yang mengalami perbaikan/ penurunan dari level 4 ke level 3 dan bahkan 1 Kabupaten mengalami penurunan dari level 4 ke level 2. 

Namun demikian, Airlangga masih mencatat  6 Kabupaten/Kota yang tetap di level 4. Keenam daerah itu antara lain  Kota Banda Aceh, Kabupaten Bangka, Kabupaten Kotabaru, Kota Palangkaraya, dan Kota Palu.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia