Advertisement

Target Vaksin Covid-19 Indonesia Telah Tercapai 32,1 Persen

Muhammad Khadafi
Selasa, 07 September 2021 - 17:57 WIB
Budi Cahyana
Target Vaksin Covid-19 Indonesia Telah Tercapai 32,1 Persen Warga mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 oleh petugas kesehatan (kanan) pada vaksinasi merdeka di halaman masjid raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Senin (6/9/2021). - Antara Foto/Irwansyah Putra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Hingga 6 September 2021, program vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah mencapai 32,1% dari total jumlah sasaran 208 juta jiwa. 

Mengutip situs covid-19.go.id, Selasa (7/9/2021), capaian tersebut merupakan hasil peran aktif seluruh pihak, mulai dari alumni perguruan tinggi, institusi swasta, organisasi sosial maupun TNI-Polri.

Advertisement

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan program vaksinasi menjadi salah satu upaya terpenting dalam penanganan pandemi Covid-19.

Dia menuturkan, vaksinasi menjadi penting dalam penanganan pandemi karena berdasarkan data Kemenkes, sekitar 94 persen kasus kematian akibat Covid-19 di rumah sakit terjadi pada pasien yang belum divaksin.

Menurutnya, ke depan pencapaian herd immunity tidak lagi tidak lagi mencakup sasaran vaksinasi 70 persen atau 80 persen, tetapi jika sebagian besar masyarakat di Indonesia divaksinasi.

“Karena itu peranan dan gerakan edukasi dari beberapa instansi, gerakan sosial alumni seperti hari ini merupakan salah satu kontribusi yang besar sekali dalam penyelesaian pandemi,” kata Dante pada acara peresmian Sentra Vaksinasi Kampus UI Salemba, Senin (6/9/2021).

Dia menuturkan dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19. Menurutnya, kehadiran sentra-sentara vaksinasi sangat membantu program percepatan vaksinasi.

“Jadi kegiatan sentra vaksinasi ini menjadi suatu gerakan penting untuk menjamin bahwa angka kematian akan menurun pada mereka yang terkena Covid-19,” ujarnya.

Dante melanjutkan, dalam program vaksinasi pada September 2021 pemerintah menargetkan 2,3 juta dosis vaksinasi per hari untuk mencapai percepatan kekebalan kelompok (herd immunity) seluruh masyarakat Indonesia dengan sasaran 208 juta orang.

Oleh karena itu, untuk mencapai target 2,3 juta per hari, Dante menuturkan, program vaksinasi ini bukan program eksklusif dari Kemkes, tetapi juga melibatkan pihak lain seperti alumni, institusi, swasta, industri, organisasi sosial dan TNI/Polri sehingga kegiatan vaksinasi dapat dilakukan percepatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement