Advertisement

Pemerintah Akan Hentikan Vaksinasi Covid Gratis untuk Orang Kaya

Rika Anggraeni
Selasa, 31 Agustus 2021 - 13:27 WIB
Budi Cahyana
Pemerintah Akan Hentikan Vaksinasi Covid Gratis untuk Orang Kaya Vaksinasi pedagang Pasar Bantul pada Rabu (9/6/2021). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan vaksinasi Covid-19 gratis untuk kelas menengah ke atas atau orang kaya akan dihentikan mulai tahun depan.

Hal itu disampaikan Luhut dalam acara virtual Pembukaan Forum Nasional Kemandirian dan Ketahanan Industri Alat Kesehatan di kanal YouTube Farmalkes TV, Senin (30/8/2021).

Advertisement

Luhut mengatakan selama 50 tahun terakhir Indonesia telah mempertahankan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 5,6 persen dalam produk domestik bruto (PDB), dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan penurunan substansial dalam kemiskinan ekstrim.

Menurutnya, kelas menengah di Indonesia terus mengalami pertumbuhan lebih cepat daripada kelompok lain. Berdasarkan data Bank Dunia, saat ini setidaknya ada 52 juta orang Indonesia yang aman secara ekonomi, atau satu dari setiap lima orang Indonesia.

Dia mengatakan adanya pertumbuhan kelas menengah di Indonesia berimbas pada permintaan perawatan kesehatan yang juga ikut berkembang.

“Kelas menengah Indonesia berkembang, permintaan perawatan kesehatan juga berkembang,” jelas Luhut.

Bahkan, Luhut memperkirakan di tahun depan jumlah dari kelas menengah di Indonesia akan terus berkembang melebihi 100 juta penduduk.

Dengan semakin bertambahnya kelas menengah, hal inilah yang membuat Luhut akan memberhentikan pengadaan vaksin Covid-19 untuk kelas tersebut mulai tahun depan.

“Saya kira itu akan berkembang terus. Itu market yang sangat membutuhkan itu. Jadi tahun depan kita enggak mau lagi memvaksin orang-orang yang kelas menengah atas yang jumlahnya mungkin lebih dari 100 juta,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement