Viral Video Mobil Jokowi Buka Jalan untuk Ambulans, Begini Penjelasan Setpres

Rombongan Presiden Jokowi membiarkan ambulans melintas di Jalan DI Panjaitan Kota Samarinda. - Ist/Tangkapan IG info_samarinda_
26 Agustus 2021 23:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Sebuah video saat mobil rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan agak lambat dan memberi jalan ambulans, beredar di media soaial. Peristiwa itu terjadi di Jalan D. I Panjaitan, Kalimatan Timur, Selasa (24/8/2021).

Terkait itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan kejadian yang beredar di media sosial itu. Ini berawal saat rombongan mendengar suara sirine ambulans dari belakang.

"Ya kan rangkai. Presiden medengar ada sirine ambulance dari belakang, (rangkaian presiden tidak menggunakan sirene), berarti itu ada sirine khas ambulanns yang harus di dahului yang tentunya sedang bertugas membawa pasien," ujar Heru saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (26/8/2021).

Baca juga: Ini Beasiswa Mahasiswa Daring Bagi S1 dan S2, Cek Syaratnya

Kemudian rangkaian iring-iringan Jokowi langsung memberi jalan mobil ambulans tersebut. Hal tersebut kata Heru, agar mobil ambulans dapat melintas lebih dahulu.

"Maka rangkaian presiden memberi jalan untuk di dahului (melintas) rangkaian," tutur Heru.

Beri Jalan Mobil Ambulans

Saat iring-iringan tengah melaju, sebuah mobil ambulans yang melaju dengan kecepatan sedikit lebih kencang dari rombongan tersebut dibiarkan melintas terus di samping kiri patroli pengawalan.

Video tersebut terekam warga yang kemudian diunggah di akun Instagram info_samarinda.

Baca juga: Demi Empati, Jokowi Diminta Sumbangkan Gajinya untuk Penanganan Covid-19

"Ambulance sanak, ambulance ya tetap ambulance. Rombongan Paspampres memberikan jalan kepada Ambulance yang akan melintas mendahului dikawasan Jl. D.I Panjaitan," tulis kapsien video yang diunggah tersebut.

Banyak warganet yang memberi respon positif. Bahkan, ada yang membandingkannya dengan perilaku berkendara masyarakat atau pejabat di jalan raya saat ambulans membutuhkan jalan untuk melintas.

"Kereennnn.. Presiden saja ngalah sama ambulance, yang menghalangi apalagi yang marah-marah, siapa looo?" tulis akun dawiy**.

Serupa dengan pendapat itu, warganet yang lain juga menulis harapan agar pasiden yang dibawa ambulans selamat.

"Yang biasa halangi jalan ambulance. Gak malukah sama R1 kah. Yang ngasih jalan.. Semoga selamat pasien di ambulance," tulis akun noviakam*****.

Senada dengan itu, warganet lainnya pun mengapresiasi hal tersebut.

"Presidenn rombongan aja kasih jalan ke ambulans yang lewat.." tulis akun radian********.

Bahkan ada warganet yang meminta kepada Divisi Humas Polri agar video tersebut disimpan dan bisa menjadi salah satu materi video berlalu lintas yang baik.

"@faisalyundha bapak @divisihumaspolri, bisa nih video di save. Bisa digunakan sebagai salah satu video materi berlalu lintas yang baik. Contoh baik, bahwa rombongan Presiden pun mengalah bila ada ambulan yang lewat. Kalau sudah dikasih contoh rombongan presiden... Masak rombongan / warga lain masih tidak mau memberi jalan ke Ambulan yang membawa pasien darurat...?" kata warganet pemilik akun edputr****

Sumber : Suara.com