Cegah Rob, Ratusan Pohon Bakau Ditanam di Pesisir Tambakrejo

Penanaman pohon bakau di kawasan pesisir. - Ist.
24 Agustus 2021 07:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SEMARANG--Ratusan pohon bakau ditanam di pesisir Tambakrejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Penanaman pohon ini untuk mencegah terjadinya banjir rob di kawasan tersebut.

Penanaman pohon ini dilakukan oleh komunitas relawan Sahabat Ganjar sebagai bentuk aksi peduli lingkungan. Mengingat kawasan Pesisir Tambaksari termasuk rawan terjadinya banjir rob. Sebelumnya sejumlah pihak sempat menyorot kondisi pesisir Semarang yang rawan terjadi bencana banjir rob.

BACA JUGA : Super Blood Moon, BMKG Peringatkan Sejumlah Wilayah

Kegiatan pencegahan banjir itu dilakukan dengan menanam 500 pohon bakau. Jumlah itu akan terus ditambah ke depannya, mengingat saat situasi masih dalam masa PPKM, sehingga tidak memungkinkan mengumpulkan banyak orang untuk melakukan penanaman bakau.

"Penanaman Bakau di wilayah Tambakrejo ini adalah bagian dari kepedulian lingkungan kami. Untuk wilayah Semarang dipandang perlu dilakukan penanaman bakau untuk untuk mencegah naiknya gelombang pasang air laut ke permukaan atau daratan,” kata Parikesit yang juga Aktivis Sahabat Ganjar, Senin (23/8/2021).

Ia menambahkan penanaman pohon itu juga dibantu sejumlah warga lokal terutama nelayan. Mereka sepakat dengan kegiatan tersebut demi mencegah banjir rob untuk jangka panjang. Harapannya, pohon tersebut ke depan bisa dirawat dengan baik.

BACA JUGA : Sebagian Jakarta Utara Terendam Banjir Rob

“Selain tanam bakau, kamir juga melakukan pembagian sembako di wilayah warga setempat lokasi penanaman. Warga Tambakrejo menyambut dengan antusias penanaman bakau ini, karang taruna setempat yang siap merawat pohon pohon yang di tanam agar bisa tumbuh dengan baik,” katanya.