Advertisement

Sebagian Jakarta Utara Terendam Banjir Rob

Newswire
Jum'at, 05 Juni 2020 - 03:37 WIB
Bhekti Suryani
Sebagian Jakarta Utara Terendam Banjir Rob Ilustrasi banjir. - Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Bencana alam banjir rob melanda sebagian wilayah Jakarta Utara.

Kenaikan permukaan air laut atau banjir rob melanda Pelabuhan Kaliadem hingga pemukiman warga di Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis malam (5/6/2020). Warga mengatakan bahwa banjir dari laut itu sudah terjadi sejak 3 Juni kemarin.

Advertisement

Pantauan Antara, banjir rob menerjang dengan ketinggian berkisar 50-60 sentimeter. Para warga terlihat berkemas mengamankan barang-barang mereka dari limpahan air laut.

"Sampai malam, sampai jam 1 malam enggak turun-turun," ungkap salah seorang warga, Kartini.

Menurut Kartini, banjir rob itu sudah melanda sejak dua malam terakhir hingga ukuran selutut orang dewasa. Bahkan banjir rob juga masuk ke dalam rumah-rumah warga. Sebagian warga memilih mengungsi ke rumah yang tidak terdampak rob atau memilih tinggal di lantai dua rumah warga.

Warga lainnya, Rahmat mengatakan banjir rob mulai terjadi sekitar pukul 18.30 WIB atau habis waktu magrib. Banjir rob kemudian surut pada pagi hari. Warga berharap pemerintah dapat memberikan bantuan kepada mereka yang terdampak bajir rob.

Banjir rob juga dilaporkan di kota-kota pesisir utara Jawa dan telah merendam ribuan rumah. Di Jawa Barat, banjir rob dilaporkan terjadi di Indramayu.

Di Jawa Tengah, banjir rob terjadi setidaknya sejak 2 Juni dan melanda Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Demak.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Kamis (4/6/2020) memperingatkan masyarakat terutama yang bermata pencaharian dan beraktivitas di pesisir atau pelabuhan terhadap potensi bencana rob. BMKG mengatakan banjir rob pekan ini disebabkan oleh fenomena Bulan dan gelombang tinggi akibat angin kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 27 April 2024: Hujan Sedang di Siang Hari

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement