Pesan HUT RI Ke-76: Pandemi Harus Jadi Momentum Peningkatan Pelayanan pada Masyarakat

Bupati Magelang, Zaenal Arifin saat upacara peringatan hari ulang tahun Ke-76 kemerdekaan RI yang dilaksanakan di halaman Setda Kabupaten Magelang, Selasa (17/8/2021). - Ist/dok
17 Agustus 2021 13:07 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Meskipun masih di tengah-tengah Pandemi Covid-19, semangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat harus terus ditingkatkan melalui kerja keras, kerja cerdas, dan kerja nyata yang dilandasi spirit kegotongroyongan dan jiwa perjuangan dalam membangun Indonesia.

Pernyataan tersebut diungkapkan Bupati Magelang, Zaenal Arifin saat upacara peringatan hari ulang tahun Ke-76 kemerdekaan RI yang dilaksanakan di halaman Setda Kabupaten Magelang, Selasa (17/8/2021).

Zaenal mengatakan krisis di masa pandemic Covid-19 ini harus bisa dijadikan momentum untuk membuat lompatan berarti menuju kejayaan dan kemajuan bangsa Indonesia tercinta.

Baca juga: Pesan Kemerdekaan dari Jogja: Ubah Negatif Chaos Menjadi Positif Chaos

"Jangan kendor semangat kita melawan pandemi, justru jadikan pandemi ini menjadikan kesempatan kita untuk berbakti kepada bangsa dan negara," kata Zaenal.

Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Bupati Magelang menyampaikan bahwa hari ini adalah tahun ke dua bangsa Indonesia merayakan kemerdekaan di tengah Pandemi. Sebanyak 100.000 jiwa lebih telah gugur, 3 juta lebih saudara se-tanah air merasakan perih.

Banyak orang bertumbangan baik pedagang, pengusaha, karyawan, termasuk tenaga medis. Bukan hanya sektor perekonomian dan kesehatan namun hampir seluruh lini kehidupan terkena pukulan telak Pandemi ini.

Baca juga: Tema HUT Ke-76 RI Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, Jokowi Jelaskan Maknanya

“Panjenengan semua telah menjadi saksi betapa beratnya perjuangan kita, terlebih perjuangan teman-teman tenaga medis untuk mengalahkan Pandemi. Bahkan untuk keselamatan kita lebih lebih dari 1.400 tenaga kesehatan meninggal dunia, 110 diantaranya berasal dari Jawa Tengah,” katanya.

Maka di tengah upacara Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2021, ia  ingin memberi hormat setinggi-tingginya kepada para tenaga kesehatan. Ia berharap dapat ketularan semangat dan spirit kemanusiaan para tenaga medis di tengah Pandemi. Semangat dan spirit itu juga diharapkan menular kepada semua yang saat ini sedang menjalani isolasi. Mereka tidak sendirian yang penting harus terus berjuang untuk pulih dan meningkatkan imun.” Jangan loyo apalagi nglokro," ujarnya.

Untuk diketahui upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-76 tingkat Kabupaten Magelang ini dilakukan secara terbatas yang diikuti oleh Jajaran Forkopimda dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.