Advertisement

Elektabilitas Puan dan Airlangga Tetap Jeblok meski Pasang Baliho di Mana-mana

Rayful Mudassir
Kamis, 12 Agustus 2021 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Elektabilitas Puan dan Airlangga Tetap Jeblok meski Pasang Baliho di Mana-mana Publik menunjukkan kekecewaan terhadap para politisi yang tidak mampu mengendalikan syahwat politiknya saat rakyat sedang berjibaku dengan pandemi. - Twitter @MediaRkyat_

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Elektabilitas politukus PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto tetap rendah meski banyak memasang baliho di sejumlah daerah.

Hasil itu ditemukan dari survei Charta Politika Indonesia pada 12 - 20 Juli 2021. Penelitian ini melibatkan 1.200 responden melalui tatap muka dengan margin error 2,83 persen dan tingkat kepercayaan hingga 95 persen.

Berdasarkan survei tersebut, Puan Maharani berada di urusan ke-17 dan Airlangga Hartarto pada posisi ke-19. Keduanya diketahui publik memasang banyak baliho di berbagai daerah di Tanah Air.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Bahkan keduanya sama-sama mencatatkan tingkat elektabilitas 0,7 persen berdasarkan hasil survei tersebut. Persentase ini juga dicatat oleh mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menilai tidak ada korelasi linear antara pemasangan baliho dengan elektabilitas.

“Bisa diasumsikan bahwa banyaknya jumlah atribut dalam bentuk baliho dan billboard bahkan viral di sosmed bisa dikatakan tidak berkorelasi linear terhadap tingkat elektabilitas,” kata Yunarto saat konferensi pers virtual, Kamis (12/8/2021).

Sementara itu, hasil survei menunjukan bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas tertinggi yakni 16,2 persen.

Posisi kedua ditempati oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 14,8 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di peringkat ketika dengan elektabilitas 14,6 persen.

Selanjutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki elektabilitas 5,4 persen, Sandiaga Uno 4,6 persen, AYH 3,9 persen, Basuki Tjahaja Purnama 3,3 persen, Tri Rismaharini 3,1 Persen dan Khofifah Indar Parawansa 2,8 persen.

Advertisement

Saat nama-nama tersebut dikerucutkan, Puan dan Airlangga tetap berada di posisi terbawah. Puan berada di posisi ke-9 dengan elektabilitas 1,4 persen dan Airlangga 1,0 persen.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pesan Ketum PP Muhammadiyah untuk Mahasiswa Unisa: Raih Masa Depan dengan Ketakwaan

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 15:42 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement