TKA China Masuk saat PPKM, DPR Minta Menkumham Konsisten dan Tegas

Seorang warga negara asing (WNA) berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (13/1/2021). - Antara\\r\\n
11 Agustus 2021 09:37 WIB Oktaviano DB Hana News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Masuknya tenaga kerja asing atau TKA ke Indonesia pada Agustus 2021 atau di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 menjadi sorotan dari banyak pihak.

Salah satunya dari Anggota Komisi V DPR RI Irwan. Dia sangat  menyesalkan masuknya 34 TKA asal China ke Indonesia di tengah PPKM Level 4. Padahal, jelasnya, belum lama ini pemerintah melalui Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengumumkan TKA dilarang masuk selama PPKM.

BACA JUGA : 34 TKA China Masuk Indonesia di Massa PPKM, Anggota 

Politisi Fraksi Partai Demokrat tersebut menyatakan masuknya TKA asal China di tengah PPKM itu menunjukkan pemerintah seolah telah kehilangan kontrol atas penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dan tidak pernah tegas tentang penutupan penerbangan internasional. 

"Pemerintah seperti kehilangan arah untuk putus penyebaran pandemi Covid-19 ini. Bahkan, sumber datangnya Covid-19 pun mereka tidak pernah tegas untuk putus alurnya. Pemerintah lupa bahwa virus itu lahir dari luar republik ini. Sejak awal pandemi, pemerintah lemah dalam menutup penerbangan internasional," ujar Irwan seperti dikutip dari laman DPR RI, Selasa (10/8/2021).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni pun mengkritisi sikap Kementerian Hukum dan HAM yang terkesan tidak konsisten dalam penegakan aturan tentang izin masuk TKA.

Menurut Politisi Partai Nasdem itu, pada Juli 2021 atau saat awal penerapan kebijakan PPKM Level 4, Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham melarang warga negara asinga tau WNA masuk ke Tanah Air, tetapi pada Agustus malah ada WNA yang masuk.

“Menkumham harusnya buat aturan jangan mencla-mencle. Bulan Juli bilang enggak boleh masuk, Agustus tahu-tahu masuk TKA," ungkap Sahroni.

Politisi dari daerah pemilihan DKI Jakarta III itu pun menyesalkan sikap Menkumham Yasonna Laoly yang hingga kini masih mengizinkan masuk TKA asal China masuk ke Indonesia.

BACA JUGA : Imigrasi Benarkan 20 TKA China Masuk Indonesia di Masa

Dia menilai sikap Menkumham plin-plan, sehingga ucapannya tak lagi bisa percaya. Sahroni mengimbau kepada Menkumham Yasonna agar menegakkan aturan secara konsisten dan tegas.

Menurutnya, sikap plin-plan Menkumham akan berdampak pada krisis kepercayaan rakyat pada pemerintah. “Lah ini gimana? Aturan kok buat main-mainan dan bohong-in rakyat," sesalnya.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham mencatat ada sebanyak 34 WNA asal China yang masuk ke Indonesia di saat PPKM level 3 dan 4. Mereka masuk ke wilayah Tanah Air melalui pintu masuk Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pada Sabtu (7/8/2021).

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia