Advertisement

Imigrasi Benarkan 20 TKA China Masuk Indonesia di Masa PPKM Darurat

Setyo Aji Harjanto
Senin, 05 Juli 2021 - 06:47 WIB
Nina Atmasari
Imigrasi Benarkan 20 TKA China Masuk Indonesia di Masa PPKM Darurat TKA China. - ANTARA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebuah video viral beredar di media sosial, tentang ramai-ramai tenaga kerja asing (TKA) tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta. Rupanya, itu adalah video lama.

Namun, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membenarkan terdapat 20 tenaga kerja asing (TKA) asal China yang masuk ke wilayah Indonesia saat hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat Jawa-Bali. 

Advertisement

Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara mengatakan para TKA asal China tersebut akan bekerja di Proyek Strategis Nasional di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. 

Baca juga: 1,7 Juta Akun Terdaftar di CPNS 2021, Ini Instansi Paling Diminati

"Terkait pemberitaan masuknya 20 orang TKA di Sulawesi Selatan, benar bahwa mereka adalah TKA yang akan bekerja di Proyek Strategis Nasional yang ada di Kabupaten Bantaeng," kata Arya dalam keterangan resmi, Minggu (4/7/2021).

Dia mengatakan saat Pemerintah masih memberlakukan pelarangan orang asing masuk ke wilayah Indonesia untuk mencegah lonjakan persebaran Covid-19. Meski demikian, dia menegaskan seluruh TKA asal China telah melalui pemeriksaan Kesehatan oleh Kemenkes dan memenuhi persyaratan keimigrasian. 

Aturan pelarangan ini mengacu kepada Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang visa dan izin tinggal pada masa adaptasi kebiasaan baru. Aturan ini mengecualikan masuknya orang asing untuk tujuan esensial seperti bekerja di Proyek strategis nasional, penyatuan keluarga, dan alasan kemanusiaan.

Baca juga: Andalkan Dana Swadaya, Begini Kisah Warga Kalasan Hadapi Pandemi dengan Jaga Warga

"Selain memenuhi persyaratan keimigrasian, orang asing yang masuk Indonesia harus lolos pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kemenkes sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri," imbuhnya. .

Arya juga meluruskan soal video di media sosial yang berisi ramai-ramai TKA tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta. Arya mengatakan video itu saduran dari peristiwa Juni 2020.

"Terkait viralnya video TKA asing berdatangan ke Wilayah Indonesia pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat [PPKM] Darurat di Jawa dan Bali, video tersebut merupakan video lama, yaitu pada Juni 2020 dan bukan video kondisi saat ini," ujar Arya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement