Advertisement

Vaksin Booster Hanya Diperlukan oleh Nakes

Jessica Gabriela Soehandoko
Rabu, 28 Juli 2021 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
Vaksin Booster Hanya Diperlukan oleh Nakes Dokter Dirga Sakti Rambe

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 disarankan bagi masyarakat untuk memperoleh daya tahan tubuh yang lebih kuat, terutama dalam melindungi dan menghindari risiko yang cukup parah.

Namun berdasarkan dari hasil penelitian, enam bulan setelah vaksinasi maka kadar antibodi mulai menurun. Oleh karena itu vaksinasi booster penting diberikan kepada tenaga kesehatan, terutama dalam melawan Covid-19 dengan varian baru.

Advertisement

Vaksinolog, Dokter Spesialis Penyakit Dalam yakni Dirga Sakti Rambe melalui instagramnya yakni @dirgarambe (27/07/21) mengatakan bahwa nakes sebagai garda terdepan memiliki risiko yang cenderung lebih besar. Oleh karena itu, pihak tenaga kesehatan perlu diberikan vaksinasi booster.

Untuk melakukan vaksinasi ketiga, jenis vaksin yang digunakan dapat sama dengan vaksin sebelumnya atau dapat menggunakan vaksin mRNA yakni moderna.

“Walaupun belum ada penelitian yang spesifik tentang penggunaan vaksin inactivated yang dilanjutkan dengan vaksin mRNA, namun secara imunologi aman dan beberapa negara telah melakukannya” Ucapnya.

Vaksin mRNA yakni moderna juga diketahui efektif untuk melawan virus Covid-19 varian baru. Efek samping mRNA juga diketahui cukup mirip dengan vaksin Covid-19 lainnya dan memiliki risiko yang rendah untuk miokarditis atau peradangan pada otot jantung.

Selain itu, Dirga juga menyarankan untuk tidak melakukan olahraga selama seminggu pasca vaksinasi.

Masyarakat yang bukan tenaga kesehatan tidak perlu untuk melakukan vaksinasi ketiga, karena dua kali vaksinasi telah cukup. Vaksinasi ketiga hanya perlu diberikan kepada tenaga kesehatan dan sudah mulai diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muncul Poster Ancaman Siksa Kubur bagi Pembuang Sampah Sembarangan, Ini Penjelasan DLH Bantul

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement