Advertisement

Vaksin Covid-19 Sinopharm Kurang Efektif untuk Orang Tua?

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 25 Juli 2021 - 07:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Vaksin Covid-19 Sinopharm Kurang Efektif untuk Orang Tua? Kandidat vaksin Covid/19 Sinopharm

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hasil penelitian di Hungaria menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 Sinopharm disebut kurang efektif dalam menawarkan perlindungan terhadapĀ  orang tua.

Penelitian dilakukan terhadap 450 peserta yang telah menerima dua dosis vaksin itu yang menunjukkan tingkat antibodi yang terukur terdapat pada sekitar 90% orang di bawah usia 50 tahun, tetapi perlindungannya berkurang seiring bertambahnya usia.

Advertisement

Perkiraan kemungkinan tidak ada respons antibodi adalah sekitar 25% pada orang berusia 60 dan sekitar 50% pada usia 80 tahun, menurut penelitian yang dipublikasikan di medRxivawal pekan ini. Studi ini belum ditinjau oleh rekan sejawat.

Beberapa subjek lanjut usia tidak dapat menghasilkan antibodi pelindung apa pun, menunjukkan bahwa tindakan harus dilakukan untuk mencegah wabah COVID-19 di antara mereka, kata penulis penelitian dilansir dari Yahoo.

Tetapi para penulis memperingatkan bahwa estimasi yang andal tentang hubungana langsung antara risiko penyakit COVID-19, rawat inap, atau kematian dan tingkat antibodi setelah vaksinasi sangat sulit.

Sinopharm, sendiri belum memberikan komentar atas hasil studi tersebut.

Vaksin Sinopharm telah setuju untuk memberikan hingga 170 juta dosis suntikan ke skema pembagian vaksin global COVAX hingga pertengahan 2022.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan vaksin tersebut menimbulkan respons antibodi yang lebih lemah terhadap varian Delta, yang pertama kali ditemukan di India dan sekarang menjadi varian dominan di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Duh, Desentralisasi Sampah DIY Mundur Lagi Menjadi Mei 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement