2 Sapi Kurban dari Jokowi Berbobot Sama, tapi Lebih Kurus dari Tahun Lalu

Ilustrasi sapi - Pixabay
20 Juli 2021 10:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SOLO-Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berkurban dua ekor sapi untuk Masjid Agung Solo dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo pada Iduladha 2021 ini.

Sapi kurban dari ayahanda Gibran Rakabuming Raka itu berjenis peranakan ongole (PO) dan Limosin dengan bobot yang sama yaitu 837 kilogram. Sapi berjenis PO akan diserahkan ke Masjid Agung Solo dan sapi jenis Limosin untuk Masjid Al Wustho Mangkunegaran.

Informasi itu disampaikan Kabag Kesra Setda Solo, Danang Sulindriyanto, saat diwawancara Solopos.com, Senin (19/7/2021). “Dua sapi dari Presiden akan diserahkan langsung ke Masjid Agung dan Masjid Al Wustho hari Selasa [20/7/2021] sore,” terang dia.

Danang mengaku sudah mendapat informasi ihwal dua sapir kurban Presiden Jokowi dari Sekretariat Negara (Setneg) baru-baru ini. Setelah sapi-sapi itu datang akan dibuat berita acara penyerahan dari Setneg RI kepada Pemkot Solo dan dari Pemkot ke takmir masjid.

Berdasarkan catatan solopos.com, bobot dua sapi kurban Presiden Jokowi tahun ini menurun bila dibandingkan dua sapi kurban tahun lalu. Pada 2020 Jokowi menyerahkan dua ekor sapi berjenis Limosin ke Masjid Agung dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran.

Sapi Limosin untuk Masjid Agung Solo berbobot 1,03 ton, dan sapi untuk Masjid Al Wustho berbobot 930 kilogram. Dengan bobot segitu dibutuhkan usaha ekstra bagi panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Agung dan Masjid Al Wustho untuk menyembelihnya.

Di sisi lain, belum diketahui berapa harga sapi kurban dari Presiden Jokowi tahun ini. Danang saat ditanya dari mana asal dua sapi kurban tersebut juga tidak menjawab. Tapi bisa saja sapi-sapi itu berasal dari para peternak sapi di sekitar wilayah Soloraya.

Sumber : Solopos.com