Sering Bersin Bisa Jadi Gejala Orang Terpapar Covid-19 meski Sudah Divaksinasi

Ilustrasi - Antara
24 Juni 2021 08:37 WIB Sartika Nuralifah News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Orang yang sudah mendapatkan vaksin bukan berarti kebal virus Corona. Berikut ini tanda-tanda yang bisa kita ketahui jika kita sudah mendapatkan vaksinasi namun masih mengalami gejala Covid.

Mengingat implikasi dari gelombang kedua dan bahaya yang mendasari kemungkinan gelombang ketiga, sangat penting bagi setiap orang untuk menjalankan vaksin Covid-19.

Meskipun udah melakukan vaksinasi,  tidak berarti Anda tidak akan tertular virus mematikan, namun dengan vaksinasi dapat menurunkan kemungkinan gejala Covid yang parah. Menurut sebuah penelitian, banyak orang yang terinfeksi dan telah melaporkan gejala umum pasca vaksinasi mereka.

Sampai sekarang, memvaksinasi diri Anda adalah satu-satunya cara untuk melindungi diri Anda sendiri, keluarga Anda dan yang paling rentan untuk menjaga satu sama lain di lingkungan kita.. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat tertular virus.

Anda masih dapat terinfeksi Covid-19 bahkan setelah mendapatkan vaksinasi Covid. Namun, tingkat keparahan infeksi mungkin lebih rendah dan lebih mudah dikelola.

Konon, menurut data yang dikumpulkan dalam Zoe Covid Symptom Study, ada gejala umum yang teridentifikasi pada individu yang sudah divaksinasi namun masih tertular virus dan dinyatakan positif.

Profesor Tim Spector, peneliti utama studi tersebut, mengatakan, "Kami telah menemukan bahwa sering bersin adalah tanda infeksi yang lebih umum pada mereka yang telah divaksinasi."

Seperti diketahui, bersin bukanlah gejala klasik atau umum dari Covid-19. Namun, sesuai Studi Gejala Zoe Covid, "Bersin lebih dari biasanya bisa menjadi tanda Covid, tetapi hanya pada orang yang sudah divaksinasi".

"Jika Anda telah divaksinasi dan mulai banyak bersin tanpa penjelasan, Anda harus tinggal di rumah dan menjalani tes Covid." saran Profesor Spector.

Selain itu, penelitian tersebut juga mengatakan bahwa mereka yang telah divaksinasi, jika terinfeksi, akan mengalami gejala COVID yang lebih ringan dan rentang yang lebih pendek.

Gejala umum lainnya dari Covid-19

Dengan maraknya virus corona baru, banyak gejala yang muncul juga disekitar kita. Sementara daftarnya terus bertambah, ada beberapa gejala yang tetap menjadi yang paling umum dan lazim di antara orang yang terinfeksi. Berikut ini adalah tanda-tanda paling umum dari Covid-19.

- Demam

- Batuk kering

- Sakit tenggorokan

- Hidung berair dan tersumbat

- Sakit dada dan sesak nafas

- Kelelahan

- Infeksi saluran cerna

- Kehilangan indra penciuman dan perasa

Sumber : JIBI/Bisnis.com