Polres Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum, Siapapun Boleh Ikut

Kabag Ops Polres Magelang, Kompol Maryadi memantau vaksinasi COvid-19 di Pendopo Lapangan drh. Soepardi, Sawitan. - Harian Jogja/Nina Atmasari
03 Juni 2021 18:27 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Kabar gembira untuk warga di Magelang. Polres Magelang menggelar vaksinasi Covid-19 secara gratis untuk masyarakat umum. Siapapun bisa menjadi sasaran asalkan memenuhi syarat.

Vaksinasi umum ini mulai digelar pada Kamis (3/6/2021) di Lapangan drh. Soepardi, Sawitan, Kota Mungkid, dengan alokasi 100 dosis vaksin.

"Setiap harinya, kami mengalokasikan 100 dosis vaksin. Sasarannya adalah masyarakat umum. Syaratnya di atas 18 tahun dan membawa KTP," jelas Kabag Ops Polres Magelang, Kompol Maryadi, di sela kegiatan.

Baca juga: Polres Bantul Akan Periksa Provokator Pemakaman Jenazah Positif Covid Tanpa Prokes di Trimurti

Ada delapan personel tenaga medis yang diterjunkan untuk pelaksanaan vaksinasi massal ini, dua di antaranya adalah dokter. Mereka melakukan tugas mulai skrining kesehatan, penyuntikan vaksin, hingga pendataan.

Warga yang mendaftar akan mendapatkan skrining guna menentukan kelayakannya untuk menjadi sasaran vaksinasi. Warga yang mengikuti vaksin dosis pertama ini, nantinya akan diberi pemberitahuan terkait pelaksanaan suntik dosis kedua.

Menurut Maryadi, vaksinasi ini akan digelar secara terus menerus setiap harinya dengan lokasi yang berpindah-pindah. "Sasaran kami adalah warga Magelang dan siapapun yang sedang melintas di Magelang juga boleh ikut," katanya.

Tujuan kegiatan vaksinasi oleh Polres Magelang ini membantu masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 sebagai salah satu perlindungan terhadap Virus Covid-19.

"Tujuan kami adalah agar masyarakat mendapatkan vaksin secara merata. Ini adalah program Kapolri untuk melakukan vaksinasi secara masif," tegas Maryadi.

Baca juga: Jogja Perluas Target Vaksinasi, Kini Sasar Pralansia & Tokoh Masyarakat

Selain vaksinasi, ia menegaskan saat ini Polres Magelang juga terus menggiatkan penerapan protokol kesehatan, salah satunya operasi yustisi. Kabupaten Magelang merupakan salah satu dari 358 daerah di Indonesia yang menerapkan PPKM Mikro.

"Kami masih secara rutin menggelar razia di tempat umum terutama yang berpotensi keramaian. Hasil pantauan sejauh ini, kasus Covid-19 mulai turun, dan masyarakat sudah memakai masker," katanya.

Ketua PP Polri Cabang Kabupaten Maglang, AKBP Purnawirawan Budiharto mengayatakan dukungannya terjadap kegiatan vaksinasi ini, karena bermanfaat untuk masyarakat.

"Saya secara pribadi mendukung, karena [vaksinasi] ini untuk menciptakan dan menumbuhkan imun untuk bersama. Kami mendukung upaya Pemerintah untuk pengendalian Covid-19," katanya, seusai menerima suntikan vaksin di lokasi tersebut.