Menteri Sandiaga Uno: Desa Wisata Harus Berbenah Diri!

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (tiga dari kiri) bersama Bupati Malang M. Sanusi (dua dari kiri) dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (paling kiri) saat mempromosikan "Anugerah Desa Wisata 2021" di Desa Wisata Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jatim, Sabtu (22/5/2021). - Istimewa
29 Mei 2021 14:57 WIB Feni Freycinetia Fitriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meminta desa wisata berbenah diri dengan melakukan terobosan.

Hal itu dilakukan demi membuka peluang usaha sekaligus lapangan kerja di masa pandemi Covid-19. Sandi yakin pariwisata Indonesia bisa bangkit lewat inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya meminta agar masyarakat Desa Wisata Tugu Selatan dapat memanfaatkan aspek digitalisasi. Salah satunya lewat pemanfaatan media sosial dengan memproduksi konten kreatif. Pasalnya, onten kreatif yang dikemas menarik diyakininya dapat meningkatkan pemasaran serta pendapatan ke depannya.

"Di tengah pandemi dan kesulitan ekonomi, Desa Wisata Tugu Selatan harus terus berbenah diri. Kita tingkatkan keterampilan masyarakat karena dengan Covid-19 kita berinovasi. Salah satunya menciptakan konten kreatif untuk meningkatkan kunjungan ke desa wisata," ungkap Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Sabtu (29/5/2021).

Menurutnya, kebangkitan desa wisata diungkapkan menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional. Dia mengatakan harapan dan semangat untuk terus membangun desa wisata katanya menjadi tanggung jawab seluruh pihak.

Pemerintah melalui Kemenparekraf lanjutnya telah menyusun sejumlah langkah strategis dalam pemulihan sektor parekraf.

Oleh karena itu, Sandi berharap agar seluruh program tersebut dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat guna memulihkan sektor parekraf.

"Kita fokus pada pemulihan ekonomi. Saya berharap desa wisata Tugu Selatan bisa mengajak desa wisata lainnya untuk berpartisipasi di Anugerah Desa Wisata 2021," ujar Sandi.

Sumber : bisnis.com